get app
inews
Aa Read Next : Cekcok Persoalan Rumah Tangga, Pria di Majalengka Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

10 Makanan Khas Majalengka yang bikin Lidah Bergoyang

Senin, 30 Oktober 2023 | 14:24 WIB
header img
Jalakotek adalah makanan tradisional yang mirip dengan kue pastel terdiri dari tahu dan baso aci yang dibumbui kemudian dibungkus dan digoreng sehingga memiliki cita rasa yang gurih. Foto: ist

3.Kecap Majalengka

Kabupaten Majalengka terkenal memiliki kecap yang manis, gurih, dan bikin nagih. Salah satu sentra penghasil kecap di Majalengka adalah di Kecamatan Cigasong. Untuk mendapatkan Kecap Majalengka sangat mudah, kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Majalengka. 

4.Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu merupakan salah satu ikonik Majalengka selain kecap. Mangga ini terkenal dengan rasanya yang manis, fresh, dan kualitasnya yang bagus. Bentuk, dan warna dari Mangga Gedong Gincu memang juga terlihat sangat cantik. 

Tak heran jika Mangga Gedong Gincu menjamur dimana-mana, bahkan sampai di ekspor ke beberapa negara seperti Jepang, Korea, dan Arab Saudi. Di Majalengka terdapat beberapa kecamatan sentra penghasil mangga gedong gincu seperti Kecamatan Panyingkiran, Kadipaten, Ligung, dan Jatitujuh. 

5.Surabi Oncom khas Majalengka

Surabi Oncom merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak dahulu dan turun temurun. Surabi Oncom memiliki cita rasa yang gurih dengan tambahan oncom yang memang bikin nagih. Untuk menemukan Surabi khas Majalengka ini kamu bisa membelinya di pinggir jalan, dan di beberapa tempat makan yang ada di Kabupaten Majalengka. 

6.Oncom Goreng

Oncom Goreng ini berbeda dengan Oncom Goreng yang ada di Kota Bandung yang menggunakan lapisan tepung untuk menggorengnya. Namun, di Kabupaten Majalengka biasanya Oncom Goreng ini akan diberi bumbu, dan dicampur dengan bawang goreng. Sehingga memberikan cita rasa yang asin, dan gurih. 

Oncom Goreng biasanya dijadikan pelengkap untuk makan bakso, ataupun mie ayam bagi masyarakat Kabupaten Majalengka. Selain itu, Oncom Goreng juga nikmat disandingkan dengan nasi hangat.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut