Logo Network
Network

4 Tradisi Majalengka yang Unik dan Masih Lestari hingga Kini

Wafa Amatullah/Mg6
.
Senin, 06 November 2023 | 15:42 WIB
4 Tradisi Majalengka yang Unik dan Masih Lestari hingga Kini
Mapag Tamba merupakan suatu tradisi dan adat istiadat yang dilakukan oleh warga di Majalengka untuk mengawali musim tanam baru. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Beberapa tradisi Majalengka berikut masih terus dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat Majalengka. Majalengka merupakan surganya dunia karena menyimpan banyak destinasi wisata indah nan asri di sana. 

Namun, banyaknya destinasi wisata tidak mengalahkan beragam tradisi dan adat istiadat yang dimiliki oleh Majalengka. Setidaknya ada 4 tradisi yang masih ada hingga saat ini. 

Tradisi Majalengka

1.Mapag Tamba

Mapag Tamba merupakan suatu tradisi dan adat istiadat yang dilakukan oleh warga di Majalengka untuk mengawali musim tanam baru.Tradisi ini masih rutin dilakukan khususnya masyarakat Desa Pilangsari, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. 

Dalam tradisi Mapag Tamba, para warga akan memutari setiap pelosok desa dengan berjalan kaki. Warga melakukan tradisi ini dimulai dengan berkumpul di kantor desa sekitar pukul 08.00 WIB kemudian berjalan kaki hingga menjelang tengah hari atau sekitar pukul 11.00 WIB.

2.Mapag Sri atau Munjungan

Bila disederhanakan mapag berarti menjemput, sedangkan sri yang dimaksud adalah padi. Sehingga, tradisi Mapag Sri yang dilakukan oleh masyarakat Majalengka ini memiliki arti bahwa para petani akan menjemput padi (masa panen).

Tradisi ini diartikan sebagai wujud rasa syukur para petani kepada Tuhan yang Maha Esa atas hasil panen padi yang berlimpah. Dalam pelaksanaan tradisi Mapag Sri dimulai sejak pagi hari. Seluruh petani akan berkumpul di kantor desa kemudian selanjutnya akan menuju ke sawah.

Setelah tiba di sawah, dilakukan pemotongan tanaman padi oleh sesepuh desa, kemudian lanjut oleh kepala desa. Setelah itu, biasanya sebagai hiburan, tradisi Mapag Sri atau Munjungan akan ditutup oleh pertunjukan wayang kulit.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.