get app
inews
Aa Read Next : Keraton Kasepuhan Cirebon Gelar Acara Siraman Panjang

Keunikan Kampung Kaputihan Cirebon, Seluruh Rumah Warganya Dilarang Menggunakan Tembok

Kamis, 17 November 2022 | 13:44 WIB
header img
Keunikan Kampung Kaputihan Cirebon, Seluruh Rumah Warganya Dilarang Menggunakan Tembok. Foto: Tangkapan Layar Youtube akun @Koela

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Keunikan Kampung Kaputihan Cirebon yang mempertahankan budaya dan adat istiadat leluhur, dimana ada larangan bagi rumah warganya menggunakan tembok.

Kampung Kaputihan terletak di Desa Kertasari, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kampung ini terletak di kawasan padat penduduk yang merupakan sentra produksi rotan. 

Di tempat ini, kita masih bisa menemui suasana asri yang dikelilingi pepohonan dengan udara yang masih terasa segar. Jumlah penduduknya pun hanya sekitar 100 jiwa dengan 16 rumah. Masih di sekitar rumah warga terdapat sebuah sumur Kaputihan yang masih dianggap sakral.

Bangunan di kampung adat ini memang unik dan berbalut mitos. Dimana tampak deretan rumah tradisional milik warga yang berbentuk gubug tak bertembok, dindingnya terbuat dari kayu.

Melansir dari video yang diunggah di channel Youtube Kanal Koela, Kamis (17/11/2022), terungkap mitos warga Kampung Kaputihan tak membangun rumah dengan tembok permanen.

Pak Endang, Ketua RT Kampung Kaputihan mengungkapkan bahwa warganya tidak berani menggunakan semen untuk membangun rumah karena mereka khawatir terkena sakit. 

"Jangankan tembok, ngeplur lantai saja tidak ada yang berani, nanti orangnya pada sakit. Pernah ada yang ngeplur terus dibongkar, sembuh dengan sendirinya," ungkap Endang.

Sehingga karena mitos itu, warga di Kampung Kaputihan menggunakan bilik bambu dan kayu. 

"Dulu masih banyak tebu di sekitar sini sehingga atapnya pakai ulik, sekarang kan susah dapatnya, ada yang pakai seng, ada yang pakai asbes," terangnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut