Logo Network
Network

Uniknya Desa Penimbun Kebumen yang Melarang Jual Beli Nasi, Ini Mitosnya

Mery
.
Rabu, 21 Desember 2022 | 19:48 WIB
Uniknya Desa Penimbun Kebumen yang Melarang Jual Beli Nasi, Ini Mitosnya
Keunikan Desa Penimbun yang Melarang Jual Beli Nasi. Foto: YouTube mrapatdotid

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Uniknya Desa Penimbun yang melarang jual beli nasi karena adanya mitos yang telah diturunkan secara turun temurun.

Desa Penimbun yang terletak di Kecamatan Karangayam Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah merupakan sebuah desa unik dimana banyak warung makan yang tidak menjual nasi kepada pembelinya. Namun, warung tersebut hanya menjual lauk pauk saja tanpa nasi.

"Warung yang Anda temui hanya akan menjual sebatas lauk, gado-gado, lotek, mi ayam dan juga karedok. Ternyata disinyalir terdapat mitos yang beredar di desa tersebut. Warga setempat memercayai ada satu mitos warisan nenek moyang di mana orang berpantang tidak boleh menjual nasi," kata akun YouTube mrapatdotid.

Larangan jual beli nasi ini nampaknya diikuti warganya secara sadar lantaran mereka tidak mau terkena musibah. Warga setempat tidak ada yang berani untuk membeli nasi ataupun menjual nasi di desa ini. 

Penduduk setempat hanya diperbolehkan memberikan nasi kepada orang lain secara gratis tanpa memungut  biaya apa pun.

Penjual warung makan dipastikan akan menolak uang pemberian jika kita membeli nasi, mereka dengan sukarela memberikan nasi secara gratis. Sekalipun dipaksa maka mereka tetap akan menolaknya.

Bahkan jika ingin menjamu tamu atau terpaksa sekali membutuhkan nasi, maka warga setempat akan membeli nasi keluar desa.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini