Alasan Tiket Masuk Candi Borobudur Naik Jadi Rp750.000 per Orang

Athika Rahma
.
Minggu, 05 Juni 2022 | 11:13 WIB
Destinasi wisata Candi Borobudur (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Tiket masuk ke kawasan candi Borobudur bakal naik menjadi Rp750.000 per orang bagi wisatawan domestik dan 100 dolar amerika bagi wisatawan asing. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam unggahan di akun instagram @luhut.pandjaitan. Sementara itu, khusus turis asing, tiketnya 100 dolar AS per orang.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajarm kami berikan biaya 5000 rupiah saja," ujar Luhut dikutip, Minggu (5/6/2022).

Luhut menambahkan, langkah ini dilakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. Tak hanya itu, semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini, sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," ucapnya.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini