get app
inews
Aa Read Next : Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

5 Fakta Gua Sunyaragi yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berkunjung

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 14:40 WIB
header img
Gua Sunyaragi di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Foto: Ist

CIREBON, INewsCirebon.id - 5 fakta Gua Sunyaragi yang wajib Anda ketahui sebelum berkunjung. Gua Sunyaragi destinasi wisata berbentuk bangunan batu dengan menampilkan elok dekorasi bangunan zaman dahulu, ternyata menyimpan banyak fakta di dalamnya.

Dalam kisahnya, Gua Sunyaragi dahulu merupakan tempat yang strategis sekaligus menjadi tempat tersembunyi bagi para pejuang kemerdekaan untuk merancang strategi melawan penjajah.

Awalnya, destinasi wisata Cirebon satu ini merupakan pemandian atau taman air dengan terjun buatan yang dikenal sebagai Taman Sari Sunyaragi. Namun, karena bagian dalam kompleks bangunan tersebut banyak gua buatan, orang pun menyebutnya Gua Sunyaragi.

Berikut fakta Gua Sunyaragi:

1. Peninggalan warisan budaya leluhur

Pemerintah telah mengalokasikan kawasan ini untuk dilindungi karena dianggap sebagai aset penting yang perlu dijaga.  Lokasi bersejarah ini telah mengalami sejumlah renovasi dengan berbagai keperluan. Taman ini berfungsi sebagai benteng pertahanan pada tahun 1852 pada masa penjajahan Belanda.

Tan Sam Cay, seorang arsitek Tiongkok, berkontribusi dalam perbaikan atas permintaan Sultan Adiwijaya.

Sunyaragi melakukan konversi kedua pada tahun 1884 menjadi Gedong Pesanggrahan, tempat peristirahatan keluarga keraton. Seiring perkembangannya, dibuatlah penyangga air untuk kolam di depannya. 

Sekian informasi mengenai Gua Sunyaragi peninggalan Kesultanan Cirebon, termasuk sejarah dan legenda urbannya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang mitos dan cerita mistis yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Jawa.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut