get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

10 Kota Batik di Indonesia, Ada yang Terkenal hingga ke Manca Negara

Kamis, 05 Oktober 2023 | 16:20 WIB
header img
Kegiatan membatik khas Pekalongan. Foto: Ist

7. Rembang

Seni batik Lasem terkenal dengan Rembang, Jawa Tengah. Karena diciptakan di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Jawa Tengah, maka batik tersebut diberi nama Lasem. 

Setiap motif batik Rembang merupakan hasil akulturasi budaya masyarakat Tionghoa dan Jawa, demikian informasi dari website Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

Tak heran mengingat pemilik usaha batik Lasem yang asli adalah etnis Tionghoa. Berbagai motif batik Lasem, seperti motif latohan, Sekar Jagad Tiga Negeri, dan Gunung Ringgit, muncul seiring berkembangnya corak tersebut. 

Berbeda dengan batik lainnya, batik Lasem didominasi warna merah, pengaruh budaya Tionghoa. Pembuatan batik Lasem memerlukan waktu minimal satu bulan karena prosesnya yang sulit.

8. Banjarmasin

Banjarmasin terkenal dengan tema batik Sasirangan khas suku Banjar. Jahitan oles digunakan untuk membuat kain tradisional yang dikenal dengan nama "sasirangan" dari Kalimantan Selatan. Di Kerajaan Banjar, 40 laki-laki membangun candi dan 40 perempuan sekaligus membatik dalam satu malam.

9. Bali

Penduduk Bali yang terkenal memiliki bakat seni mendukung status daerah tersebut sebagai penghasil batik. Meski konon berasal dari Bali, batik Bali mempunyai ciri khas tersendiri. 

Sekar Jagad Bali, Teratai Banji, dan Poleng Biru adalah beberapa contoh motif Batik Bali yang dikenal mewakili prinsip solidaritas.

10. Papua

Batik Papua berbeda dengan batik yang diproduksi di lokasi lain dalam beberapa hal. Alasan di balik pembedaan ini adalah karena Batik Papua mengusung tema-tema yang menjadi ciri khas wilayah Papua. 

Salah satu ilustrasinya adalah motif burung cendrawasih yang merupakan ciri khas Papua dan tidak ada di tempat lain. Pola batik lainnya antara lain Asmat, Sentani, Tifa, dan Ukiran Tambalan juga dapat ditemukan di Jam Cendrawasih, Papua.

Nah itu dia Kota Batik di Indonesia yang terkenal ke manca negara, kita harus bangga sebagai bangsa indonesia yang mewariskan budaya yang mendunia

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut