get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

10 Kota Batik di Indonesia, Ada yang Terkenal hingga ke Manca Negara

Kamis, 05 Oktober 2023 | 16:20 WIB
header img
Kegiatan membatik khas Pekalongan. Foto: Ist

2. Solo

Sejak dahulu kala, kota Solo atau Surakarta telah menjadi salah satu sentra produksi batik utama di Indonesia. Diketahui, Solo bersama Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran pernah menjadi ibu kota Kerajaan Mataram Surakarta. 

Banyaknya toko batik di Solo membuktikan statusnya sebagai pusat batik Indonesia, mulai dari Batik Danar Hadi, Kampung Batik Kauman, Kampung Batik Laweyan, Pasar Klewer, Pusat Perdagangan Beteng, Pusat Grosir Solo, dan Lumbung Batik Solo adalah beberapa toko batik yang ada di Solo. 

Namun Kampung Batik Laweyan bisa dibilang merupakan pabrik batik yang paling terkenal. Usaha batik tulis di Laweyan mulai berkembang pada abad ke-14 M, pada masa pemerintahan Kesultanan Pajang. Kampung Batik Laweyan pun tak ketinggalan dengan berkembangnya proses membatik cap, bahkan banyak melahirkan empu batik.

3. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang kaya akan budaya dan salah satu lokasi utama pembuatan batik di Indonesia. Kampung batik tulis Giriloyo merupakan rumah bagi fasilitas produksi batik tulis khas Keraton Yogyakarta, menurut situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Tepatnya terletak di Kecamatan Imogiri Yogyakarta, Kabupaten Bantul. Masyarakat yang tinggal di Desa Giriloyo mayoritas adalah perajin batik. 

Kampung Batik Giriloyo menawarkan program wisata belajar membatik selain membuat batik. Paket perjalanan ini meliputi kunjungan ke rumah adat dan makam raja-raja Mataram di puncak Bukit Imogiri selain menyaksikan pembuatan batik.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut