get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Gedung Perundingan Linggarjati, Dibangun Jasitem, dan Menjadi Bukti Perjuangan Diplomatik RI

Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

Kamis, 30 November 2023 | 15:16 WIB
header img
Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding, lahir pada 2 Juni 1890 di Leuwimunding. KH Abdul Chaling adalah putra Kedung Wangsagama dan ibu Satimah. Ayahnya, seorang Kuwu disegani oleh masyarakat.

Selama kecil, beliau bersekolah di Sekolah HIS (Hollandsch Inlandsche School). Kemudian, beliau memperdalam ilmu agama di beberapa pesantren wilayah Leuwimunding dan Rajagaluh, seperti Pondok Pesantren Banada, al-Fattah Trajaya, dan Nurul Huda al-Ma’arif Pajajar. Pada tahun 1913, beliau naik haji dan kemudian menimba ilmu di Mekkah.

Di Mekkah, KH Abdul Chalim berkenalan dengan KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Asnawi Kudus, menjadi anggota Syarikat Islam. Setelah kembali ke Indonesia pada tahun 1914, beliau berkhidmat kepada kedua orang tua, terlibat dalam memerdekakan Indonesia setelah ayahnya meninggal.

Pada tahun 1922, beliau berangkat menuju Surabaya, berjalan kaki selama 14 hari untuk menanamkan nasionalisme. Di Tebuireng, beliau mendapatkan bimbingan dari KH Hasyim Asy’ari. Di Surabaya, bergabung dengan KH Abdul Wahab Hasbullah mengatur Nahdlatul Wathan dan Taswirul Afkar.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut