get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

10 Kota Batik di Indonesia, Ada yang Terkenal hingga ke Manca Negara

Kamis, 05 Oktober 2023 | 16:20 WIB
header img
Kegiatan membatik khas Pekalongan. Foto: Ist

4. Cirebon

Salah satu daerah penghasil batik utama di Provinsi Jawa Barat adalah Cirebon. Motif Megamendung merupakan corak khas batik yang menjadi lambang kota Cirebon. Kampung Batik Trusmi merupakan salah satu sentra batik ternama di Kota Cirebon. 

Kampung batik Trusmi memiliki sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-14, melansir laman Indonesia Travel. Dusun batik Trusmi merupakan tempat dihasilkannya produk batik tersebut, maka dari itu dinamakan batik Trusmi. 

Selain membeli batik, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung para perajin batik di Cirebon membatik, seperti yang telah mereka lakukan selama puluhan tahun. 

Para Wisatawan dapat berkeliling dengan becak sembari melihat gedung-gedung bersejarah yang sampai saat ini masih terjaga bentuk aslinya di kawasan ini.

5. Tulungagung

Pada tahun 1970-an, Kabupaten Tulungagung terkenal dengan sentra batik tulisnya. Faktanya, tema batik di daerah lain hampir sama dengan motif batik di Tulungagung. 

Motif batik Tulungagung berbeda karena menggunakan kombinasi warna yang lebih cerah. Di Tulungagung, beberapa perajin batik terkenal antara lain Batik Gajah Mada, Batik Barung Gung, dan Batik Satrio Manah.

6. Madura

Biasanya batik identik dengan pulau jawa. Namun batik tak hanya berasal dari daerah pulau jawa. Madura menjadi daerah penghasil batik yang terkenal di Indonesia.

Banyak tema dan desain khas yang sebagian besar dibuat secara tradisional dapat ditemukan pada Batik Madura. Sejak abad 16 dan 17 M, pada masa pemerintahan Kerajaan Pamekasan di Pamelingan, sejarah batik di Madura telah terdokumentasi. 

Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep adalah beberapa lokasi produksi batik Madura.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut