get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

Sejarah Gedung Perundingan Linggarjati, Dibangun Jasitem, dan Menjadi Bukti Perjuangan Diplomatik RI

Senin, 23 Oktober 2023 | 15:30 WIB
header img
Gedung Perjanjian Linggarjati. Foto: Instagram


CIREBON, iNewsCirebon.id - Sejarah gedung perundingan linggarjati bermula dari sebuah gubuk yang dibangun sejak tahun 1918 oleh seorang wanita bernama Jasitem dan menjadi tempat tinggalnya. Selanjutnya, gubuk tersebut direnovasi hingga menjadi bangunan yang kokoh. Bangunan ini kemudian menjadi saksi sejarah sebuah perundingan yang menentukan nasib bangsa Indonesia

Inilah Gedung Perundingan Linggarjati yang dahulu dijadikan tempat perundingan para wakil Indonesia dan Belanda. Bagaimana sejarahnya? Yuk simak informasi dibawah ini. 

Sejarah Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati berlokasi di Blok Wage, dusun Tiga, kampung Cipaku, kecamatan Cilimus, kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gedung ini merupakan gedung bersejarah di Indonesia dan menjadi salah satu warisan budaya nasional yang tinggi nilainya. 

Sesuai dengan visinya kini gedung ini dijadikan sebagai sarana pelestarian nilai sejarah, informasi publikasi, edukasi, dan rekreasi. 

Gedung tua bergaya kolonial Belanda ini sebelum difungsikan sebagai museum sempat mengalami beberapa pergantian fungsi dan kepemilikan.

Pada masa kolonial, gedung tua ini sempat menjadi markas tentara Belanda. Kemudian beralih fungsi lagi menjadi Sekolah Rakyat dan pernah juga menjadi hotel. 

Pasca kemerdekaan Republik Indonesia, gedung ini digunakan sebagai tempat diadakannya Perundingan Linggarjati pada tahun 1946 yang kemudian diresmikan sebagai museum pada tahun 1976, mengingat peran pentingnya dalam usaha menciptakan kemerdekaan Indonesia. 

Bernama lengkap Museum Gedung Perundingan Linggarjati, museum ini menjadi saksi perjuangan diplomatik yang dilakukan oleh para pendiri bangsa. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut