get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

10 Kota Batik di Indonesia, Ada yang Terkenal hingga ke Manca Negara

Kamis, 05 Oktober 2023 | 16:20 WIB
header img
Kegiatan membatik khas Pekalongan. Foto: Ist

CIREBON, INewsCirebon.id - 10 Kota Batik di Indonesia,. Batik telah menjadi salah satu bagian dari warisan budaya Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Sebagai hasilnya, banyak Kota Batik di Indonesia yang dikenal secara internasional.

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO secara resmi mengakui Batik sebagai Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage). Sejak saat itu, setiap tahun pada tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional di Indonesia, dan seluruh masyarakat merayakannya dengan mengenakan batik.

Batik memiliki arti sebagai kain yang dihiasi dengan pola yang diciptakan melalui teknik pewarnaan malam pada kain. Indonesia memiliki berbagai daerah yang terkenal sebagai produsen batik, yang dikenal oleh banyak negara di seluruh dunia. Batik adalah simbol budaya yang sangat penting bagi bangsa Indonesia dan juga merupakan identitas Indonesia di mata dunia.

Berikut 10 Kota Batik di Indonesia: 

1. Pekalongan

Pekalongan memiliki julukan Kota Batik yang tak lepas dari sejarah produksinya, dan menjadikan Pekalongan sebagai Kota Batik di Indonesia yang paling terkenal.

Seperti dikutip dari situs Pemerintah Kota Pekalongan. Batik diproduksi di rumah-rumah sehingga tertanam kuat dalam budaya masyarakat Pekalongan. 

Meski tidak ada catatan resmi kapan batik pertama kali populer di Pekalongan, namun diyakini kota ini sudah mengetahui warisan budayanya sejak tahun 1800. 

Museum Batik Pekalongan juga dapat diakses oleh pengunjung dan dapat ditemukan di Jalan Jetayu Nomor 3 Panjang. Wetan, Kota Pekalongan. Museum Batik Pekalongan merupakan pusat pengajaran dan pembelajaran tentang batik selain menampung koleksi batik.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut