get app
inews
Aa Read Next : Gak Lulus SD dan Tak Bisa Baca Tulis, Sanawi Penjual Eskrim Kini Jadi Miliarder, Ini Kisahnya!

Kisah Sukses Joko Hartanto, Pedagang Bakso Pikul dari Dapat Rp2.500 Kini Beromzet Rp60 Juta Sehari

Rabu, 21 Juni 2023 | 15:52 WIB
header img
Joko Hartanto merupakan pengusaha bakso yang sukses. Foto: YouTube Pejuang Duit

JAKARTA, iNews.id Kisah sukses pedagang bakso pikul dulu dapat Rp2.500 kini beromzet Rp60 juta per hari. Joko Hartanto merupakan pengusaha bakso yang sukses.

Menjadi pengusaha sukses tentu tidak bisa instan dan melalui jalan berliku. Joko sendiri mengaku mengalami kesulitan dalam berdagang dengan modal setengah kilogram daging.

Kisah ini dimulai sekitar tiga tahun lalu, Joko pernah menjadi pedagang keliling. Berawal dengan tekad yang kuat, Joko merantau dari Solo ke Sukoharjo dengan keinginan untuk berdagang bakso di sana.

"Saya mulai datang ke Cibadak Sukabumi tahun 1986. Waktu itu niat kami adalah berusaha, dengan modal dari Solo, kami nekat membawa alat pikul. Pengalaman saya dalam mengangkat barang ini sekitar 3 tahun di sini," kata Joko seperti dikutip dari Youtube Pejuang Duit.

Dulu, saat Joko mendapatkan keuntungan sebesar Rp2.500, ia merasa sangat bahagia dan itu merupakan pengalaman yang tak terlupakan baginya.

"Dulu saya bermimpi memiliki pabrik bakso. Sekarang, Alhamdulillah, mulai dari PT ayam hidup hingga masuk ke kandang saya, prosesnya berlanjut hingga menjadi bahan makanan. Kami menggiling setengah kilogram daging sebagai modal pertama. Waktu itu, kami mengangkatnya sendiri, dan saat mendapatkan keuntungan Rp2.500, kami merasa bangga. Kalau tidak salah ingat, itu terjadi pada tahun 1988 atau 1989," lanjut Joko.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut