get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Joko Hartanto, Pedagang Bakso Pikul dari Dapat Rp2.500 Kini Beromzet Rp60 Juta Sehari

Gak Lulus SD dan Tak Bisa Baca Tulis, Sanawi Penjual Eskrim Kini Jadi Miliarder, Ini Kisahnya!

Senin, 04 Maret 2024 | 08:36 WIB
header img
Sanawi, penjual eskrim yang tak lulus SD dan tak bisa baca tulis sukses jadi miliarder. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.idSanawi, seorang penduduk desa yang lahir di Blora, Jawa Tengah pada tahun 1974, memiliki kisah sukses yang menginspirasi. Meskipun hanya lulusan sekolah dasar (SD) dan tidak bisa membaca maupun menulis, dia berhasil menjadi seorang miliarder.

Sanawi berasal dari keluarga yang kurang mampu, tetapi dia berhasil mengembangkan usaha es krim hingga mencapai kesuksesan besar.

Perjalanan hidup Sanawi menuju kesuksesan miliarder dimulai dari latar belakang yang sederhana. Ayahnya adalah seorang penggembala sapi yang hidup dalam keterbatasan dan tidak memiliki pendidikan formal. Sanawi mengikuti jejak ayahnya dengan bergembala sapi milik tetangga hingga remaja.

Pada usia 16 tahun, Sanawi dan tetangganya merantau ke Jakarta dengan modal hasil penjualan ketela sebesar Rp7.500. Meskipun menghadapi kesulitan, dia nekat melanjutkan perantauannya. 

Namun sayangnya, setibanya di Jakarta, dia ditinggalkan oleh temannya dan akhirnya terpaksa kembali ke Blora dengan rasa sedih.

Namun, tekad yang kuat mendorongnya untuk kembali ke Jakarta dan berhenti di Terminal Pulogadung. Meskipun sempat gagal sebagai kuli bangunan, Sanawi tidak menyerah. 

Dia mulai menawarkan jasa mengecat rumah di berbagai pemukiman Jakarta untuk mencari nafkah. Selama di Jakarta, dia tidur di tempat-tempat yang tidak layak seperti emperan toko, musala, dan tempat-tempat lainnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut