get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kopka Azmiadi Gadai Motor demi Sewa Alat Berat untuk Urai Kemacetan

Cerita Hidup Sri Mulyani, Pernah Hidup Pas-pasan hingga Jadi Menkeu Terbaik se-Asia

Kamis, 02 Maret 2023 | 07:38 WIB
header img
Kisah Perjalanan Hidup Sri Mulyani. Foto: Instagram @smindrawati

Parut diacungi jempol, Sri Mulyani merupakan perempuan dan orang Asia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan itu diembannya mulai 1 Juni 2010. 

Enam tahun kemudian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memintanya untuk kembali menjadi menkeu. Kemudian dia dilantik pada 27 Juli 2016 menjadi menkeu dalam Kabinet Kerja.  

Pada Februari 2018, Sri Mulyani terpilih kembali menjadi Best Minister in the World pada World Government Summit di Dubai. Masih pada tahun yang sama pada Oktober 2018, Global Markets memilihnya menjadi Finance Minister of the Year - East Asia Pacific. Gelar tersebut diberikan di sela Pertemuan Tahunan Bank Dunia dan IMF di Bali. 

Tahun 2019, Sri Mulyani dinobatkan kembali sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Penghargaan ini diperoleh tiga tahun berturut-turut setelah sebelumnya diperoleh pada 2017 dan 2018. 

Pada 23 Oktober 2019, dia kembali ditunjuk sebagai Menteri Keuangan pada periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi. Jabatan ini adalah jabatan menkeu keempat kalinya bagi Sri Mulyani pada kabinet yang berbeda.  

Pada Oktober 2020, Global Markets memilihnya menjadi Finance Minister of the Year - East Asia Pacific. Ini merupakan penghargaan atas upayanya dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dan pada akhir 2022, dia masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia. Dalam The World's 100 Most Powerful Women Forbes, dia berada di peringkat 47 dari 100 perempuan paling berpengaruh di dunia. Peringkat tersebut naik dari tahun sebelumnya yang berada di posisi 66. 

Itulah perjalanan kisah sukses Sri Mulyani, yang dulu pernah hidup pas-pasan hingga memiliki banyak prestasi mentereng yang membanggakan Indonesia. Semoga menginspirasi banyak perempuan di Indonesia. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut