get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kopka Azmiadi Gadai Motor demi Sewa Alat Berat untuk Urai Kemacetan

Kisah Michael Hartono, Bos Rokok Berharta Rp332 Triliun yang Hidup Merakyat

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 20:25 WIB
header img
Michael saat sedang makan di warung. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Kisah inspiratif datang dari Michael Bambang Hartono. Konglomerat Indonesia yang dikenal karena hidup merakyat. Pasalnya, ia pernah kepergok dengan santai duduk saat makan di warung.

Pengusaha berusia 83 tahun ini memang dikenal sebagai sosok yang sederhana. Berdasarkan Real Time Billionaires Forbes, Michael berada di peringkat kedua orang terkaya Indonesia, dengan kekayaan sebesar 21,8 miliar dolar AS atau Rp332,3 triliun.

Pada tahun 2019, viral video momen ketika Michael Hartono makan tahu pong di sebuah warung makan sederhana di daerah Semarang, Jawa Tengah. Dengan tampilan sederhana, ia hanya mengenakan kaus polos tanpa memakai jas formal.

Bos Djarum ini lahir pada 2 Oktober 1939 merupakan keturunan Tionghoa. Dia bersama dengan saudaranya, R Budi Hartono mewarisinya perusahaan Djarum yang didirikan sang ayah, Oei Wie Gwan.

Perjuangan untuk membesarkan bisnis itu pun tidak mudah karena bisnis rokok tersebut nyaris bangkrut karena kebakaran pada 1963. Hingga pada 1970, perusahan rokok itu sukses mejadi pemasok cengkeh terbesar di dunia.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut