get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

10 Orang Kaya Indonesia vs Singapura, Mana yang Terkaya?

Selasa, 23 Agustus 2022 | 08:07 WIB
header img
Orang Terkaya Indonesia VS Singapura, Mana yang Paling Kaya? (Foto : MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Orang kaya Indonesia dan Singapura,mana yang terkaya? Singapura menjadi negara ASEAN yang dilabeli negara maju. Dengan jumlah penduduk sekitar 5,6 juta saja, Singapura memiliki orang terkaya yang nilai hartanya lebih besar dari orang terkaya Indonesia yang punya penduduk 270 juta jiwa.

Lingkungan bisnis yang ramah investor jadi salah satu alasan ekonomi Singapura bisa melaju pesat. Hal ini menyebabkan banyak lahir konglomerat di negara itu.

Bahkan, harta orang terkaya ke-10 di Singapura masih lebih besar dari harta orang terkaya ke-3 di Indonesia. Lantas bagaimana perbandingan 10 orang terkaya RI vs 10 orang terkaya Singapura?

Berikut daftar orang terkaya Singapura dan Indonesia 2021 dilansir dari Forbes, Senin (22/8/2022).

1.Li Xiting

Kekayaan: USD 23 Miliar (Rp 328 triliun)

Usia: 70 tahun.

Li merupakan pendiri dan komisaris dari Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, pemasok perangkat medis. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1991, dengan berkantor pusat di Shenzhen.

Komisaris dari Mindray, Xu Hang juga seorang miliarder. Li memiliki gelar sarjana dari universitas sains dan teknologi China. Selama wabah Covid-19, Mindray menyumbangkan alat medis senilai USD 4,6 juta ke beberapa RS di daerah padat seperti Wuhan dan Italia utara.

2.Eduardo Saverin

Kekayaan: USD 20,5 Miliar (Rp 294 triliun)

Usia: 39 Tahun

Eduardo Saverin mendirikan Facebook dengan teman sekelasnya di Harvard Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Sekarang dia merupakan seorang pialang saham, dan masih memperoleh sebagian besar kekayaannya dari porsi kecil saham tapi bernilai di Facebook. Sebagai penduduk asli Brazil, Saverin menjadi warga Singapura sejak keluar dari kewarganegaraan AS pada tahun 2012 setelah IPO Facebook.

3.Cheng Liang 

Kekayaan: USD 18,6 Miliar (Rp 267 triliun)

Usia: 94 tahun

Cheng Liang mendapat sebagian besar kekayaannya dari saham mayoritas di perusahaan cat Nippon Paint milik Jepang yang merupakan produsen cat terbesar keempat di dunia. 

4.Zhang Yong & Shu Ping

Kekayaan: USD 16 Miliar (Rp 230 triliun)

Zhang Yong adalah komisaris ekosistem restoran hotpot khas Sichuan, Haidilao, yang go public pada bulan September 2018. Istrinya Shu Ping juga merupakan pendiri dan direktur.

 

Haidilao menghasilkan USD3,8 Miliar dalam penjualan dari hampir 1.300 restoran, sebagian besar di China tetapi juga di AS, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Haidilao terkenal dengan hidangan yang pedas dan pelayanan pelanggan yang penuh perhatian, termasuk menawarkan manikur gratis untuk pelanggan yang menunggu.

5.Forrest Li

Kekayaan: USD15,9 Miliar (Rp 228 triliun)

Usia: 49 Tahun.

Alumni Stanford Forrest Li mendirikan dan menjalankan perusahaan game dan e-commerce bernama Sea, yang juga memiliki kepentingan dalam e-payment dan jasa keuangan. Li masuk jajaran terkaya Singapura, setelah mendaftarkan Sea di bursa efek New York pada Oktober 2017

6.Robert & Philip Ng  

Kekayaan: USD14,2 Miliar (Rp 204 triliun)

Brothers Robert dan Philip Ng menguasai Far East Organization, pengelola dan pengembang properti swasta terbesar di Singapura. Grup tersebut didirikan ayah mereka, Ng Teng Fong, yang pindah dari China ke Singapura pada tahun 1934 dan dikenal sebagai "The King of Orchard Road."

7.Gang Ye 

Kekayaan: USD10,3 Miliar (Rp 148 triliun)

Usia: 41 tahun

Gang Ye mendirikan game online dan firma perdagangan, Sea, bersama Forrest Li.

Dia sudah menjadi kepala operasional sejak Januari 2017, mengikuti perannya sebelumnya sebagai kepala divisi teknologi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut