get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kopka Azmiadi Gadai Motor demi Sewa Alat Berat untuk Urai Kemacetan

Kisah Sukses Bob Sadino, Lulusan SMA Pernah Nguli Ujungnya Jadi Milyuner

Minggu, 10 Juli 2022 | 13:22 WIB
header img
Sempat jadi kuli, sebelum Bob Sadino bisnisnya berkembang pesat dan sukses. (foto: MNC Media)

3. Membuka Usaha Rental Mobil 

Ia pun memiliki keinginan untuk terlepas dari belenggu perusahaan dan memutuskan kembali ke Indonesia bersama istrinya. Namun, siapa sangka bahwa setelah kepulangannya ke Indonesia dan membuka usaha, ia mengalami jatuh bangun. Ia bahkan sempat bekerja sebagai supir. 

Ia menjadi supir sekaligus membuka usaha rental mobil. Usaha ini bermodalkan uang gajinya yang ia kumpulkan dari hasil bekerja selama di Eropa. Sayangnya, usaha rental mobilnya tidak berjalan lancar. Bahkan, Bob Sadino mengalami kecelakaan hingga mobilnya rusak parah. 

4. Bekerja sebagai Kuli Bangunan

Setelah kecelakaan itu, Bob Sadino mengalami kerugian besar. Ia pun memilih untuk menghentikan usaha rental mobilnya. Ia mengalami kesulitan ekonomi yang kemudian mendorongnya mengambil pekerjaan apapun untuk menyambung hidup. Ia akhirnya bekerja sebagai kuli bangunan. 

5. Membuka Usaha Telur Ayam Negeri dan Sayuran

Kegagalan bisnis pertamanya membuatnya tetap semangat untuk tetap membuka usaha berikutnya yakni usaha telur ayam negeri dan sayuran.

Awalnya, Bob Sadino mendapatkan saran dari rekannya Sri Mulyono Herlambang yang merupakan pensiunan Jenderal Angkatan Darat sekaligus perintis usaha ayam ras. Ia pun akhirnya menjalankan usaha telur ayam negeri sesuai arahan temannya tersebut. 

Bob Sadino mencoba mencari berbagai referensi mengingat ia bukanlah seorang lulusan peternakan. Berkat keuletannya dalam menjalankan usaha ini, akhirnya usaha ini pun berhasil. 

Ia kemudian mengembangkan bisnisnya ke sayuran. Ia memperkenalkan sayuran seperti jagung manis, melon, dan brokoli. Berkat ketekunannya dan usaha kerasnya, bisnis sayuran ini pun meraih kesuksesan. 

BACA JUGA:

Viral! anak Raih Cuan Rp20 Juta dari TikTok, Bikin Orang Tua Haru

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut