get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kopka Azmiadi Gadai Motor demi Sewa Alat Berat untuk Urai Kemacetan

Kisah Sukses Bob Sadino, Lulusan SMA Pernah Nguli Ujungnya Jadi Milyuner

Minggu, 10 Juli 2022 | 13:22 WIB
header img
Sempat jadi kuli, sebelum Bob Sadino bisnisnya berkembang pesat dan sukses. (foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Nama Bob Sadino sudah tidak asing lagi. Sosok pengusaha sukses ini dikenal banyak menorehkan karya-karyanya yang bisa motivasi para pelaku bisnis untuk tetap semangat mengembangkan bisnisnya.

Kisah sukses Bob Sadino sebagai pengusaha sangat menginspirasi. Kisahnya bahkan menjadi referensi banyak orang yang ingin menjadi pengusaha sukses sepertinya.

Namun, kisah sukses Bob Sadino tidak datang dari langit. Sebagai pelaku bisnis, ia memulai perjalanan bisnisnya dengan berbagai rintangan. Perjalanan hidup yang mengantarkannya hingga dikenal dunia tentunya merupakan pelajaran berharga dalam dunia wirausaha. 

Seperti apa perjalanan Bob Sadino hingga meraih kesuksesan?

Kisah Sukses Bob Sadino dari Awal Hingga Sukses

Bob Sadino merupakan pemilik dari Kem Chicks. Ia merupakan pebisnis handal yang memiliki gaya yang nyentrik, kemeja pendek dan celana pendek. Meski kini ia telah tiada, namun namanya masih banyak dicari terutama bagi para wirausahawan yang membutuhkan inspirasi dan motivasi dari perjalanan hidup sang legenda bisnis ini. 

Tidak ada yang menyangka bahwa Bob akan sesukses ini. Jika kesuksesan seseorang ditentukan dari kualifikasi pendidikan, maka Bob Sadino barangkali tidak akan masuk ke dalam daftarnya. Sayangnya, kesuksesan tidak berbanding lurus dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki oleh seseorang.

Meskipun, kualifikasi pendidikan bisa menjadi faktor pendorong seseorang dalam meraih kesuksesan. Mengapa demikian? Hal ini lantaran rupanya, Bob Sadino hanyalah seorang lulusan SMA. 

Biografi dan Kisah Sukses Bob Sadino

Pria bernama asli Bambang Mustari Sadino ini lebih dikenal dengan sebutan Bob Sadino. Ia lahir di Tanjungkarang, Lampung pada 9 Maret 1933. Ia memang terlahir dari sebuah keluarga yang berkecukupan. 

Ayahnya seorang guru dan kepala sekolah di mana jabatan ini merupakan jabatan yang tergolong sebagai pegawai negeri pada masa Hindia-Belanda. Tentu Bob memiliki kehidupan yang lebih dibandingkan teman-temannya yang lain.

Namun, Bob justru tidak menggantungkan hidupnya pada apa yang dimiliki oleh orangtuanya. Ia tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan kompeten.

Selain itu, ia pun tumbuh menjadi sosok yang ramah dan bersahaja. Hal inilah yang membuat dirinya menjadi panutan banyak pengusaha muda. Kebanyakan dari mereka berkeinginan untuk dapat menjadi murid agar bisa mengetahui rahasia dibalik kesuksesannya dalam mengembangkan bisnisnya.

Kisah Sukses Bob Sadino Menjalankan Bisnis

1. Bekerja sebagai Karyawan Unilever

Usai lulus SMA, Bob Sadino sempat berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Namun, ia tak menyelesaikan kuliahnya dan memilih untuk bekerja. Ia bekerja di Unilever beberapa tahun sebelum akhirnya ia bekerja di luar negeri. Ia mengundurkan diri sebagai karyawan Unilever pada tahun 1955. 

2. Bekerja sebagai Karyawan Djakarta Lloyd di Belanda dan Jerman

Harus diakui bahwa Bob memang memiliki privilege karena hidup di keluarga yang berkecukupan. Setelah ayahnya meninggal, ia mendapatkan warisan. Ia menggunakan uang warisannya untuk ke luar negeri. Ia sempat memutuskan untuk menetap di Belanda selama 9 tahun dan bekerja di salah satu perusahaan pelayaran Djakarta Lylod di Kota Amsterdam dan Jerman.

BACA JUGA:

3 Crazy Rich Muda Sukses Bisnis Kuliner, Intip Apa Saja Produknya?

 

3. Membuka Usaha Rental Mobil 

Ia pun memiliki keinginan untuk terlepas dari belenggu perusahaan dan memutuskan kembali ke Indonesia bersama istrinya. Namun, siapa sangka bahwa setelah kepulangannya ke Indonesia dan membuka usaha, ia mengalami jatuh bangun. Ia bahkan sempat bekerja sebagai supir. 

Ia menjadi supir sekaligus membuka usaha rental mobil. Usaha ini bermodalkan uang gajinya yang ia kumpulkan dari hasil bekerja selama di Eropa. Sayangnya, usaha rental mobilnya tidak berjalan lancar. Bahkan, Bob Sadino mengalami kecelakaan hingga mobilnya rusak parah. 

4. Bekerja sebagai Kuli Bangunan

Setelah kecelakaan itu, Bob Sadino mengalami kerugian besar. Ia pun memilih untuk menghentikan usaha rental mobilnya. Ia mengalami kesulitan ekonomi yang kemudian mendorongnya mengambil pekerjaan apapun untuk menyambung hidup. Ia akhirnya bekerja sebagai kuli bangunan. 

5. Membuka Usaha Telur Ayam Negeri dan Sayuran

Kegagalan bisnis pertamanya membuatnya tetap semangat untuk tetap membuka usaha berikutnya yakni usaha telur ayam negeri dan sayuran.

Awalnya, Bob Sadino mendapatkan saran dari rekannya Sri Mulyono Herlambang yang merupakan pensiunan Jenderal Angkatan Darat sekaligus perintis usaha ayam ras. Ia pun akhirnya menjalankan usaha telur ayam negeri sesuai arahan temannya tersebut. 

Bob Sadino mencoba mencari berbagai referensi mengingat ia bukanlah seorang lulusan peternakan. Berkat keuletannya dalam menjalankan usaha ini, akhirnya usaha ini pun berhasil. 

Ia kemudian mengembangkan bisnisnya ke sayuran. Ia memperkenalkan sayuran seperti jagung manis, melon, dan brokoli. Berkat ketekunannya dan usaha kerasnya, bisnis sayuran ini pun meraih kesuksesan. 

BACA JUGA:

Viral! anak Raih Cuan Rp20 Juta dari TikTok, Bikin Orang Tua Haru

6. Membuka Supermarket Kem Chicks

Usaha telur ayam negeri dan sayur yang dilakoninya berhasil dan meningkat pesat. Akhirnya, Bob Sadino pun membuka supermarket Kem Chicks pada tahun 1970. Supermarket ini berada di Kemang, Jakarta Selatan. Di supermarketnya Bob menjual berbagai produk pangan impor. 

Kem Chicks pun meraih kesuksesan hingga membuat Bob Sadino membuat perusahaan KemFood yang memproduksi aneka daging olahan. Produk Kemfood antara lain burger, bakso, nugget, dan berbagai jenis olahan daging lainnya. 

Bisnis Kem Chicks dan KemFood Bob Sadino bersinar terang. Pada tahun 1985, Perusahaan Bob Sadino bahkan berhasil memiliki rata-rata penjualan berkisar 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan 100 ton sayur per tahun secara konsisten.

Kunci sukses Bob Sadino yang bisa Anda pelajari adalah kemauan, komitmen, dan keberanian untuk mengambil peluang.

BACA JUGA:

Intip Bisnis dan Kekayaan Jusuf Hamka, The Real Konglomerat Bos Jalan Tol

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut