get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

6 Fakta Unik Desa Panglipuran, Dinobatkan sebagai Desa Terbersih di Indonesia

Kamis, 09 November 2023 | 15:25 WIB
header img
Desa Panglipuran dinobatkan menjadi salah satu dari tiga desa terbersih di dunia, kini telah menjadi destinasi wisata yang populer di Bali. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Fakta unik Desa Panglipuran yang berlokasi di kawasan Bangli, tepatnya di Jalan Rambutan, Desa Penglipuran hingga kini tak pernah sepi, terlebih saat liburan sekolah sudah tiba. 

Desa yang di nobatkan menjadi salah satu dari tiga desa terbersih di dunia, kini telah menjadi destinasi wisata yang populer di Bali. Tak hanya suasana damai dan sejuk, di desa ini kita bisa menemukan banyak fakta unik yang belum banyak diketahui.

Fakta Menarik Desa Panglipuran

1.Desa terbersih di dunia

Jika berkunjung ke Desa Panglipuran kita tidak akan menemukan sampah yang berserakan, suara bising kemacetan, dan polusi udara. 

Dikutip dari situs Indonesia Travel yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Desa Panglipuran telah mendapatkan beberapa penghargaan yang pernah disabet diantaranya adalah Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) pada tahun 2017 dan masuk dalam daftar Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

2.Tata ruangnya mengusung konsep adat

Penglipuran menjadi sebuah yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya leluhur nenek moyang. Nilai-nilai yang turut dituangkan kedalam dekorasi tata ruang desa, mengusung konsep Tri Mandala. 

Menurut konsep Tri Mandala, tata ruang dibagi menjadi tiga wilayah, yakni Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala, yang dibuat secara berurut dari wilayah paling utara hingga selatan.

Di wilayah utara terdapat Utama Mandala yang menjadi tempat suci atau tempat para dewa. Tempat beribadah didirikan di wilayah ini. 

Lalu daerah tengah adalah Madya Mandala, yang menjadi letak pemukiman penduduk. Sedangkan  wilayah paling selatan bernama Nista Mandala, Wilayah yang berisikan pemakaman penduduk.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut