get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

5 Fakta Stasiun Cirebon yang Menyimpan Banyak Sejarah

Kamis, 26 Oktober 2023 | 16:42 WIB
header img
Stasiun Cirebon. Foto: Dok iNews.id


CIREBON, iNewsCirebon.id - Banyak Fakta Stasiun Cirebon yang masih belum banyak diketahui. Cirebon memiliki salah satu stasiun kereta api bersejarah di Indonesia.

Stasiun yang dirancangan oleh arsitek Belanda yang bernama Pieter Adriaan Jacobus Moojen ini dan diresmikan pada 3 Juni 1912.  Stasiun legendaris dari kota Cirebon ini berlokasi di Jalan Stasiun No. 6, Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Cirebon. Karena stasiun ini dekat dengan kejaksaan, menjadikan stasiun ini disebut dengan stasiun kejaksaan.

5 Fakta Stasiun Cirebon

1. Saksi sejarah berdirinya pabrik gula

Stasiun kereta api Cirebon memiliki kaitan yang erat dengan berdirinya dan berkembangnya pabrik gula di sepanjang pantai utara Jawa, mulai dari Semarang hingga Cirebon.

Pabrik pengolahan tebu atau pabrik gula pertama kali didirikan pada 1813 di Tegal. Sejak saat berdiri perkembangan dalam produksi gula terus berkembang hingga menyebar ke wilayah Cirebon.

Cirebon sudah menjadi tempat perkebunan gula di Pulau Jawa, sebelum adanya politik Tanam Paksa yang diterapkan pada tahun 1830. Pada saat itu jalur rel perdagangan masih menggunakan tenaga hewan ternak untuk mengangkut hasil panen menuju pabrik gula.

Sekitar abad ke-19, pabrik gula sudah bertambah menjadi 10 pabrik di wilayah Cirebon saja. Dari perkembangannya itu membuka lahan bisnis untuk mengangkut barang menggunakan kereta api.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut