get app
inews
Aa Read Next : 10 Fakta Menarik Dewa 19, Sempat Jadi Band Terkaya di Indonesia

Sejarah Terbentuknya Band Dewa 19, dari Sekumpulan Anak SMP hingga Sempat Beraliran Jazz

Rabu, 18 Oktober 2023 | 07:13 WIB
header img
Sejarah pajang berdirinya Band Dewa 19. Foto: Ist

Once Mekel yang pertama kali bertemu Dhani pada tahun 1997 kemudian terpilih menggantikan Ari Lasso sebagai vokalis Dewa 19. Sebelumnya, Once, Dhani, dan Andra pernah bekerja sama untuk merekam soundtrack film Kuldesak. 

Selain itu, ia mengundang temannya Tyo Nugros untuk bergabung dengan Dewa 19 dan mengambil alih posisi drummer yang kosong

Setelah begitu lama menjalani vakum dari dunia musik Indonesia, pada tanggal 30 April 2000, Dewa kembali hadir di dunia musik dengan formasi baru: Ahmad Dhani (kibor), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokalis), Erwin Prasetya (pemetik bas tambahan) dan Tyo Nugros (penabuh drum).Kali ini, Dewa 19 hadir dengan nama Dewa.

"Roman Picisan" Singel pertama Dewa dengan vokalis barunya Once Mekel. Singel lagu ini kembali membawa nama  Dewa menuju kesuksesan setelah beberapa tahun sebelumnya vakum akibat berbagai masalah. 

Lagu ini berhasil meraih penghargaan "Lagu Terbaik" di AMI Awards tahun 2000. Pada tahun 2000, album kelima Dewa, yang bernama Bintang Lima, berhasil dirilis. 

Enam dari sebelas lagu dalam album tersebut menjadi semakin populer karena disukai oleh kalangan anak muda di seluruh tanah air. Di stasiun-stasiun radio terbaik di Indonesia, lagu-lagu seperti "Roman Picisan", "Dua Sejoli", "Trisale Hati", "Separuh Nafas", "Cemburu", dan "Lagu Cinta" rutin di-request. Dewa mengunjungi 36 kota untuk menyebarkan tentang lagi lagu yang sudah mereka buat, dan memperkenalkan lineup baru mereka.

Album keenam Cintailah Cinta dirilis pada tanggal 5 April 2002. Album ini pada awalnya hendak diberi judul oleh Dewa 19 adalah Indera Ke-Enam, namun karena Dewa 19 minat pendengar serta pertimbangan pasar, pihak label menggantinya nama albumnya menjadi Cintailah Cinta.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut