get app
inews
Aa Read Next : 10 Fakta Menarik Dewa 19, Sempat Jadi Band Terkaya di Indonesia

Sejarah Terbentuknya Band Dewa 19, dari Sekumpulan Anak SMP hingga Sempat Beraliran Jazz

Rabu, 18 Oktober 2023 | 07:13 WIB
header img
Sejarah pajang berdirinya Band Dewa 19. Foto: Ist

CIREBON, CirebonINews - Sejarah terbentuknya band Dewa 19 bermula pada tahun 1986 di Surabaya, Indonesia. Dewa 19 band legendaris memiliki sejarah yang panjang dan penuh dengan perjuangan untuk bisa terkenal sampai saat ini. Karya karyanya yang selalu menjadi populer pada saat itu, menjadikan band ini salat satu grup band yang memiliki banyak prestasi.

Sejarah Terbentuknya Band Dewa 19

Dewa 19 dibentuk oleh 4 orang siswa SMP Negeri 9 Surabaya pada tahun 1985 yang dulunya bernama “Booster”. Kemudian nama Booster diganti menjadi Dewa. 

Nama Dewa sendiri merupakan akronim nama dari masing masing anggota Dhani Ahmad (kibor, vokal), Erwin Prasetya (bas), Wawan (drum), dan Andra Junaidi (gitar) mereka berempat memiliki studio tempat berlatih di rumah Wawan di Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan No. 7, yang terletak di komplek Universitas Airlangga.

Dewa yang awalnya menghadirkan musik yang lebih pop yang kemudian setelah Erwin memperkenalkan musik Jaz kedalam grup band Dewa 19, akhirnya berubah haluan menyajikan musik dengan genre Jaz.

Wawan anggota Dewa 19 yang menjadi penggemar berat musik rock kemudian memutuskan keluar pada tahun 1987 dan pada saait itu Wawan bergabung dengan Outsider yang beranggotakan Ari Lasso dan Piyu.

Setelah itu, Wawan digantikan Ari Sudono, Rizky Noviar, dan selanjutnya Salman Harroen. Nama Dewa pun diubah menjadi Down Beat yang diambil dari nama majalah jazz Amerika. 

Istilah Down Beat memang sudah terkenal di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya saat itu, apalagi setelah sukses mendominasi panggung festival. Misalnya juara pertama Festival Band SMA 1990, Festival Jazz Remaja Jawa Timur, atau juara kedua Jarum Super Music Fiesta.

Wawan kembali diminta membangkitkan Dewa dengan mengundang Ari Lasso saat nama Slank sedang ramai ramainya diperbincangkan. Nama Dewa sekali lagi digunakan sebagai pengganti nama Down Beat. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut