Tari Topeng Cirebon: Dari Asal-usul hingga Ragamnya

Wafa Amatullah/ Mg6
Tari Topeng sudah ada sejak abad ke-10 M dan berkembang pesat antara abad ke-10 hingga ke-16 M. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Tari Topeng Cirebon adalah salah satu bentuk seni yang berasal dan berkembang di Cirebon, Jawa Barat

Tarian ini memiliki ciri khas utama, yaitu penggunaan topeng oleh para penarinya untuk menutupi wajah mereka. Topeng telah menjadi bagian penting dari identitas masyarakat Cirebon.

Setiap topeng yang digunakan oleh penari memiliki karakteristiknya sendiri. Dalam pertunjukan tari topeng, para penari dikenal sebagai Dalang karena masing-masing dari mereka akan memerankan tokoh atau karakter yang berbeda.

Sejarah Tari Topeng Cirebon

Tari Topeng sudah ada sejak abad ke-10 M dan berkembang pesat antara abad ke-10 hingga ke-16 M. Awalnya, Tari Topeng di Cirebon memiliki unsur animisme dan topeng digunakan sebagai simbol kekuatan alam dan roh leluhur.

Masyarakat menggunakan topeng sebagai alat persembahan dan doa kepada leluhur mereka. Seiring berjalannya waktu, peran topeng mengalami perubahan dengan masuknya agama Islam. 

Para penyebar agama Islam menggunakan tari topeng sebagai media untuk menyampaikan pesan agama dan nilai-nilai kebaikan kepada masyarakat Cirebon.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network