get app
inews
Aa Read Next : 4 Tempat Paling Angker di Indramayu, Wisata Horor Pas buat Uji Nyali

Ini 4 Website Pemkab Indramayu yang Diretas Hacker, Muncul Tulisan 'Dunia Ini Kejam'

Jum'at, 20 Mei 2022 | 17:40 WIB
header img
Peretas yang menamakan diri AstarGanz mengirimi gambar anime ke empat website kedianasan milik Pemkab Indramayu. (Foto: tangkapan layar/Andrian Supendi)

Perihal diretasnya website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu, pertama kali diketahui oleh warga. Yosep Ahmad Ali Wardana (29), warga asal Kecamatan Haurgeulis, mengatakan, pada pagi tadi, dia hendak membuat aduan sekaligus mengecek perihal Kartu Keluarga (KK) anggota keluarganya. 

Namun, saat membuka website Disdukcapil Kabupaten Indramayu, situs tersebut justru sudah diretas. "Saya mau cek atau komplain soal alamat domisili KK uwa saya. Tapi ternyata websitenya kena hacker," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Indramayu H Moh Iskak Iskandar mengungkapkan, pihaknya baru mengetahui perihal peretasan tersebut pada pagi hari ini.

Setelah mendapat laporan, pihaknya pun langsung menghubungi bagian IT dinas untuk memperbaiki situs dinas yang diretas. "Alhamdulillah diketahui pada Pukul 10.00 WIB pagi ini sudah kembali normal," kata Kadisdukcapil Indramayu.

 

Moh Iskak Iskandar mengimbau, agar masyarakat tida perlu panik, karena situs yang terkena retas oleh hacker tersebut sifatnya hanya sebagai media informasi dan tidak ada hubungannya dengan data kependudukan.

"Kalau data kependudukan itu adanya di pusat, sedangkan yang kena hack ini cuma situs lokal, isinya sebagai bahan informasi dan kegiatan-kegiatan kita saja, tidak ada hubungannya dengan data," ujarnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut