get app
inews
Aa Read Next : 4 Tempat Paling Angker di Indramayu, Wisata Horor Pas buat Uji Nyali

Ini 4 Website Pemkab Indramayu yang Diretas Hacker, Muncul Tulisan 'Dunia Ini Kejam'

Jum'at, 20 Mei 2022 | 17:40 WIB
header img
Peretas yang menamakan diri AstarGanz mengirimi gambar anime ke empat website kedianasan milik Pemkab Indramayu. (Foto: tangkapan layar/Andrian Supendi)

INDRAMAYU, iNews.id - Berikut Empat website kedinasan di Kabupaten Indramayu, diretas oleh hacker yang menamakan diri Hacked By AstarGanz. Website kedinasan itu dikirimi gambar anime bertuliskan 'GalauCrew1337'.

Akibat serangan hacker itu, website sempat tidak dapat dikunjungi dan digunakan oleh masyarakat. Empat website yang diserang antara lain, www.indramayukab.go.id, dinkes.indramayukab.go.id, dinsos.indramayukab.go.id, dan disdukcapil.indramayukab.go.id.

Sedangkan situs kedinasan pemerintah daerah Kabupaten Indramayu lainnya masih terpantau normal, tidak diretas. Pada tampilan website saat diretas itu tampak muncul sebuah gambar anime. Pada bagian atas gambar terdapat tulisan 'GalauCrew1337'. Sementara pada bagian bawah gambar terdapat tulisan besar 'Hacked By AstarGanz'.

Hacker yang meretas situs pemerintah daerah Indramayu itu juga menuliskan sebuah pesan. "Dunia Ini Kejam Tapi Dunia Ini Juga Indah Saat Aku Bersamamu (Shikimori)," tulis peretas tersebut.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Kabupaten Indramayu, Andri Haryanto, membenarkan atas terjadinya hack terhadap 4 website kedinasan di Kabupaten Indramayu. Pihaknya menerima laporan soal aksi peretasan itu pada Kamis malam, 19 Mei 2022 pukul 21.00 WIB.

Kejadian itu tidak berlangsung lama. Dipastikan tidak ada kerusakan terhadap website-website tersebut dan dapat difungsikan secara normal seperti sebelumnya. 

"Setelah kami menerima laporan terjadinya hack dari Kepala Dinas, saat itu tim kami langsung memperbaiki website-website tersebut, dan tidak berlangsung lama ke empat website itu normal kembali pada pukul 21.15 WIB. Artinya hack terjadi hanya beberapa menit saja," ujarnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut