get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, Prabowo Terima Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi

Daftar 5 Negara yang Cinta Mati dengan Presiden Jokowi, Ini yang Mereka Lakukan

Sabtu, 16 April 2022 | 17:56 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Foto: Instagram/@jokowi)

JAKARTA, iNews.id - Decak kagum datang dari 5 negara ini yang cinta mati dengan Presiden Jokowi. Presiden Joko Widodo atau Jokowi terpilih memimpin Indonesia selama 2 periode dianggap berpengaruh bagi Indonesia dan di mata dunia. 

Banyak perubahan yang dibuatnya selama menjadi orang nomor satu di Indonesia, mulai dari perbaikan infrastruktur hingga memacu pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM).

Tak ayal jika prestasi internalnya itu dilirik oleh negara-negara tetangga.

Nyatanya, faktor yang membuat beberapa negara menaruh perhatian, bukan hanya disebabkan oleh pembangunan yang dilakukan di dalam negeri, melainkan juga bagaimana Presiden Jokowi membangun relasi dengan kawan-kawan Amerika hingga Timur Tengah.

Lantas negara mana saja yang menaruh perhatian lebih bahkan cinta mati dengan Presiden Jokowi? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

1. Afghanistan

Pada 2018, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, serta para Paspampres berangkat ke Afghanistan untuk mengunjungi negara kawan yang sedang mengalami darurat terorisme.

Terdapat 76 persen serangan teroris terjadi di negara muslim dan mayoritas dialami oleh Afghanistan.

Meskipun begitu, hal tersebut tak membuat Presiden Jokowi gentar melakukan kunjungan ke sana pasca serangan teror di Kota Kabul, Afghanistan, yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Keberanian Jokowi pun sangat diapresiasi oleh Ashraf Ghani, selaku Presiden Afghanistan.

Ia pun memberikan medali tertinggi kepada Presiden Jokowi atas aksinya. Presiden Jokowi menyatakan bela sungkawanya kepada korban yang kehilangan dan berharap kekuatan untuk mereka yang masih bertahan.

2. Jepang

Meskipun Jepang dan Indonesia merupakan rival berpuluh tahun yang lalu, bukan berarti hubungan kedua negara ini buruk hingga sekarang.

Hal ini dapat dibuktikan ketika Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, berkunjung ke Indonesia pada November 2017 lalu, ia memuji iklim investasi Indonesia.

Tak hanya mendapat pujian dari pemimpin negaranya, Indonesia juga mendapat perhatian dari masyarakat Jepang karena Presiden Jokowi.

Pemilik akun instagram @fadjroelrachman alias Komisaris Utama PT. Adhi Karya, mengunggah sebuah koran Jepang yang menuliskan kisah Jokowi sebanyak 2 halaman penuh.

Dalam unggah itu, ia pun menyatakan belum pernah ada media nasional yang merilis perjalanan Jokowi hingga sebanyak itu dan mengaku bangga dengan Presiden Indonesia sekarang.

Bahkan di koran lokal Negeri Sakura itu, tertulis bahwa Politisi Jepang diminta meniru cara kerja Jokowi.

3. Rusia

Pemilik akun facebook bernama Enjay Diana yang tinggal di Moskow, Rusia, mengunggah potret Presiden Jokowi yang dijadikan sebuah boneka kayu atau matryoshka, sebutan warga Rusia.

Boneka kayu tersebut merupakan salah satu suvenir yang dijajakan sebuah toko oleh-oleh di Rusia.

Ajaibnya, boneka kayu bergambar Presiden Jokowi ini disejajarkan dengan suvenir serupa yang berwajahkan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Sontak, netizen pun heboh sekaligus bangga lantaran Presidennya begitu dicintai hingga ribuan kilometer dari Indonesia.

Dilansir dari unggahan Russia Beyond The Headlines (RBTH) di facebook, alasan mengapa wajah Jokowi terpampang dalam boneka kayu adalah Indonesia benar-benar berpengaruh di mata dunia.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut