get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Makanan Khas Cirebon Cita Rasa Otentik, Tua Muda Wajib Mencoba! 

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 09:34 WIB
header img
Empal gentong, salah satu makanan khas Cirebon. Foto: Ist

5. Mie Koclok

Bagi pecinta mie, makanan tradisional ini bisa jadi rekomendasi saat berkunjung ke Cirebon. Sajian berbahan dasar mie ini memiliki ciri khas kuah kental yang terbuat dari santan kelapa, dan isian berupa ayam suwir, potongan telur rebus, tauge, kol, serta daun bawang. Untuk satu porsi Mie Koclok dibandrol dengan harga Rp10.000.

6. Sate Kalong

Penamaan sate kalong bukan berarti berbahan daging kelelawar lho. Dinamakan sate kalong karena hanya dijual pada malam hari.

Tidak hanya namanya yang unik, daging yang digunakan juga unik karena menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate kalong memiliki cita rasa yang manis. Sepuluh tusuk atau satu porsi sate kalong memiliki harga sekitar Rp20.000 saja. 

7. Tahu Gejrot

Makanan tradisional sejuta umat ini memang sangat terkenal. Proses pembuatannya pun sederhana. Tahu pong yang sudah dipotong kecil-kecil disiram dengan kuah asam, pedas dan manis, bawang merah dan putih, cabai rawit, serta gula merah. Biasanya, tahu gejrot disajikan dalam mangkuk kecil. Harga satu porsi tahu gejrot berkisar Rp 15.000.

8. Empal Asam

Setelah mencoba empal gentong, rekomendasi makanan selanjutnya adalah empal asam. Sesuai dengan namanya, cita rasa dari makanan ini adalah asam, namun segar di mulut. Bahan utama yang menciptakan rasa asam di kuliner yang satu ini adalah adanya belimbing wuluh. Isian dari Empal Asam adalah daging yang ditambah dengan babat.

9. Rujak Kangkung

Sesuai namanya bahan utama dari Rujak Kangkung adalah sayur kangkung yang direbus kemudian disiram dengan bumbu rujak yang dicampur dengan terasi udang khas Cirebon. Harga untuk satu porsi rujak kangkung sekitar Rp 8.000- Rp 12.000.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut