get app
inews
Aa Read Next : Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

20 Makanan Khas Cirebon Cita Rasa Otentik, Tua Muda Wajib Mencoba! 

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 09:34 WIB
header img
Empal gentong, salah satu makanan khas Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - 20 makanan khas Cirebon cita rasa otentik. Makanan khas Cirebon memiliki rasa yang unik dan terbilang menarik. Kota yang terkenal dengan terasinya ini memiliki aneka makanan tradisional yang dapat menarik perhatian banyak wisatawan.

Ketika menginjakkan kaki di Cirebon, jangan lewatkan kesempatan mencicipi aneka kuliner yang menggugah selera dengan cita rasa yang otentik dari masa ke masa. Tak hanya itu, harganya pun merakyat lho. 

Berikut makanan Khas Cirebon dan Kisaran Harganya:

1. Docang

Docang merupakan makanan khas Cirebon dengan cita rasa gurih, pedas, dan sedikit asam ini terbuat dari campuran potongan lontong, parutan kelapa, daun kucai, daun singkong, toge, dan kerupuk.

Kemudian keseluruhan bahan tadi disiram dengan kuah dage atau oncom. Membuat siapapun yang mencoba akan merasa ketagihan. Untuk satu porsi Docang dibandrol dengan harga Rp7.000- Rp10.000.

2. Empal Gentong

Empal gentong menjadi salah satu dari sekian makanan khas Cirebon yang sangat terkenal. Berbahan dasar daging sapi, empal gentong disajikan menggunakan kuali dari tanah liat dan dimasak selama lima jam agar dagingnya legit.

Ciri khas empal gentong adalah kuahnya yang seperti gulai dan pada bagian atasnya ditaburi kerupuk kulit daging sapi. Harga empal gentong sekitar Rp17.000- Rp25.000 untuk satu porsi.

3. Nasi Jamblang

Nasi jamblang atau sego jamblang memiliki ciri khas porsi nasi yang sedikit dan disajikan dalam keadaan dingin. Salah satu yang membuat Nasi Jamblang unik dan mudah dikenali adalah bungkus nasinya yang berasal dari daun jati. Berbeda dengan nasi khas daerah lain yang seringkali menggunakan daun pisang. Awal mula Nasi Jamblang menjadi terkenal adalah cita rasa yang khas dan harganya sangat terjangkau mulai dari Rp2.000- Rp20.000

4. Nasi Lengko

Masih dengan menu nasi, nasi lengko juga populer dan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota Cirebon. Isiannya sangat sederhana, yaitu nasi putih dengan tahu dan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil, sayuran seperti timun dan tauge, taburan daun kucai atau seledri, dan bawang goreng yang gurih.Harga seporsi Nasi Lengko berkisar Rp13.000- Rp22.000

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut