get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Makanan Khas Cirebon Cita Rasa Otentik, Tua Muda Wajib Mencoba! 

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 09:34 WIB
header img
Empal gentong, salah satu makanan khas Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - 20 makanan khas Cirebon cita rasa otentik. Makanan khas Cirebon memiliki rasa yang unik dan terbilang menarik. Kota yang terkenal dengan terasinya ini memiliki aneka makanan tradisional yang dapat menarik perhatian banyak wisatawan.

Ketika menginjakkan kaki di Cirebon, jangan lewatkan kesempatan mencicipi aneka kuliner yang menggugah selera dengan cita rasa yang otentik dari masa ke masa. Tak hanya itu, harganya pun merakyat lho. 

Berikut makanan Khas Cirebon dan Kisaran Harganya:

1. Docang

Docang merupakan makanan khas Cirebon dengan cita rasa gurih, pedas, dan sedikit asam ini terbuat dari campuran potongan lontong, parutan kelapa, daun kucai, daun singkong, toge, dan kerupuk.

Kemudian keseluruhan bahan tadi disiram dengan kuah dage atau oncom. Membuat siapapun yang mencoba akan merasa ketagihan. Untuk satu porsi Docang dibandrol dengan harga Rp7.000- Rp10.000.

2. Empal Gentong

Empal gentong menjadi salah satu dari sekian makanan khas Cirebon yang sangat terkenal. Berbahan dasar daging sapi, empal gentong disajikan menggunakan kuali dari tanah liat dan dimasak selama lima jam agar dagingnya legit.

Ciri khas empal gentong adalah kuahnya yang seperti gulai dan pada bagian atasnya ditaburi kerupuk kulit daging sapi. Harga empal gentong sekitar Rp17.000- Rp25.000 untuk satu porsi.

3. Nasi Jamblang

Nasi jamblang atau sego jamblang memiliki ciri khas porsi nasi yang sedikit dan disajikan dalam keadaan dingin. Salah satu yang membuat Nasi Jamblang unik dan mudah dikenali adalah bungkus nasinya yang berasal dari daun jati. Berbeda dengan nasi khas daerah lain yang seringkali menggunakan daun pisang. Awal mula Nasi Jamblang menjadi terkenal adalah cita rasa yang khas dan harganya sangat terjangkau mulai dari Rp2.000- Rp20.000

4. Nasi Lengko

Masih dengan menu nasi, nasi lengko juga populer dan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota Cirebon. Isiannya sangat sederhana, yaitu nasi putih dengan tahu dan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil, sayuran seperti timun dan tauge, taburan daun kucai atau seledri, dan bawang goreng yang gurih.Harga seporsi Nasi Lengko berkisar Rp13.000- Rp22.000

5. Mie Koclok

Bagi pecinta mie, makanan tradisional ini bisa jadi rekomendasi saat berkunjung ke Cirebon. Sajian berbahan dasar mie ini memiliki ciri khas kuah kental yang terbuat dari santan kelapa, dan isian berupa ayam suwir, potongan telur rebus, tauge, kol, serta daun bawang. Untuk satu porsi Mie Koclok dibandrol dengan harga Rp10.000.

6. Sate Kalong

Penamaan sate kalong bukan berarti berbahan daging kelelawar lho. Dinamakan sate kalong karena hanya dijual pada malam hari.

Tidak hanya namanya yang unik, daging yang digunakan juga unik karena menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate kalong memiliki cita rasa yang manis. Sepuluh tusuk atau satu porsi sate kalong memiliki harga sekitar Rp20.000 saja. 

7. Tahu Gejrot

Makanan tradisional sejuta umat ini memang sangat terkenal. Proses pembuatannya pun sederhana. Tahu pong yang sudah dipotong kecil-kecil disiram dengan kuah asam, pedas dan manis, bawang merah dan putih, cabai rawit, serta gula merah. Biasanya, tahu gejrot disajikan dalam mangkuk kecil. Harga satu porsi tahu gejrot berkisar Rp 15.000.

8. Empal Asam

Setelah mencoba empal gentong, rekomendasi makanan selanjutnya adalah empal asam. Sesuai dengan namanya, cita rasa dari makanan ini adalah asam, namun segar di mulut. Bahan utama yang menciptakan rasa asam di kuliner yang satu ini adalah adanya belimbing wuluh. Isian dari Empal Asam adalah daging yang ditambah dengan babat.

9. Rujak Kangkung

Sesuai namanya bahan utama dari Rujak Kangkung adalah sayur kangkung yang direbus kemudian disiram dengan bumbu rujak yang dicampur dengan terasi udang khas Cirebon. Harga untuk satu porsi rujak kangkung sekitar Rp 8.000- Rp 12.000.

10. Kerupuk Melarat

Dikemas sederhana dengan kantong plastik dan diikat tali rafia, keunikan kerupuk melarat terletak dari pengolahannya yang tidak menggunakan minyak goreng, melainkan pasir dengan cara disangrai.

Perlu diketahui, jika Anda memakan kuliner khas Cirebon ini tidak akan membuat Anda melarat seperti namanya. Cukup membayar Rp 10.000- Rp 30.000 untuk per bungkusnya. 

11. Pedesan Entog

Para pecinta makanan pedas, Pedesan Entog adalah jawabannya. Menggunakan bahan dasar daging entog yang dimasak dengan aneka rempah, seperti cabai, lada, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, daun salam, dan kayu manis.

Selain entog, pedesan ini juga bisa menggunakan daging ayam. Namun, biasanya daging entog lebih disukai karena mudah menyerap bumbu dan tidak mudah hancur. Dengan harga Rp 30.000 kamu sudah bisa mendapatkan seporsi pedesan Entog. 

12. Bubur Sop Ayam

Makanan tradisional ini disajikan dengan menyiram kuah sop ayam ke bubur. Bubur yang digunakan berbeda dengan bubur ayam,bisa dibilang seperti nasi tim. Sop ayam yang disiramkan berisi sayur, ayam suwir, dan kerupuk. Selain itu, terdapat irisan tomat yang menambah citarasa dari Bubur Sop Ayam ini. Harga satu mangkuknya berkisar Rp 20.000- Rp 30.000.

13. Gado-gado Ayam

Jika gado-gado pada umumnya terdapat banyak sayuran yang dijadikan sebagai bahan. Lain halnya untuk kota Cirebon, ada satu hal yang membuat gado-gado ini unik. Di sini, gado-gado orang Cirebon ditambahkan dengan gulai kari ayam dengan rasa gurih yang khas. Tak mahal, hanya perlu membayar Rp 15.000- Rp 20.000 untuk satu porsinya. 

14. Tahu Kuningan

Berbeda dengan Tahu Gejrot, Tahu Kuningan memiliki rasa yang gurih dan pastinya sangat enak. Makanan tradisional satu ini, diolah dari biji kedelai pilihan yang melewati proses fermentasi untuk menciptakan tahu berkualitas yang enak. Untuk penampilan luar, memang mirip dengan tahu Sumedang.

Namun, Tahu Kuningan memiliki isi yang lebih padat dan tidak mengecewakan. Untuk satu kotaknya tahu kuningan dibandrol dengan harga Rp 15.000.

15. Sate Kentang

Makanan khas Cirebon ini berbahan dasar kentang yang dijadikan sate kemudian dipotong melingkar dan digoreng. Tak seperti sate pada umumnya yang dipanggang, Sate Kentang justru digoreng. Sebelum digoreng, Sate Kentang dibumbui dengan tepung yang membuat kentang menjadi renyah saat dimakan. 

Kuliner yang satu ini tergolong baru di Cirebon, namun sudah populer di kalangan masyarakat Cirebon terutama remaja dan anak-anak. Harga sate kentang terbilang sangat murah yaitu hanya Rp 1.000 per tusuk.

16. Gepu

Gepu adalah makanan khas yang bahan utamanya singkong. Bentuknya seperti bakwan dengan tambahan isian oncom. Menikmati sore dengan secangkir teh, gepu adalah sajian yang cocok untuk dihidangkan. 

17. Growolan

Growolan adalah cemilan tradisional yang terbuat dari gaplek (olahan singkong yang sudah dihaluskan lalu dijemur hingga kering) yang dicampur dengan kelapa yang sudah diparut. Kata Growolan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya gumpalan atau kumpulan. 

18. Tape Ketan Daun Jambu

Pembeda antara tape ketan Cirebon dengan  tape ketan  lainnya adalah tape ketan Cirebon dibungkus dengan daun  jambu. Daun  jambu disini memberikan rasa masam terhadap tape ketannya. Harga satuan tape ketan dibandrol dengan harga Rp 1.500, sedangkan satu duanya Rp 50.000 berisi 35 tape ketan. 

19. Gadungan

Cemilan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan kelapa. Hingga saat ini, masyarakat masih menggemari makanan ini karena memang rasanya yang legendaris. Untuk merasakan Gadungan, bisa mencarinya di area pasar Cirebon dengan harga Rp 10.000 saja. 

20. Ketoprak Cirebon

Perbedaan ketoprak khas Betawi dan Cirebon adalah kuah bumbu kacang. Dibalut dengan bumbu kacang yang gurih dan manis, ketoprak Cirebon siap membuat lidah bergoyang dengan ragam campuran lauknya, mulai dari ketupat atau lontong, tahu goreng, bihun, lontong, mentimun, dan telur dadar. Harga satu porsi ketoprak Cirebon berkisar Rp 10.000- Rp 15.000.

Nah, itulah beragam makanan khas Cirebon yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon, dijamin ketagihan deh. 


 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut