get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Makanan Khas Cirebon Cita Rasa Otentik, Tua Muda Wajib Mencoba! 

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 09:34 WIB
header img
Empal gentong, salah satu makanan khas Cirebon. Foto: Ist

14. Tahu Kuningan

Berbeda dengan Tahu Gejrot, Tahu Kuningan memiliki rasa yang gurih dan pastinya sangat enak. Makanan tradisional satu ini, diolah dari biji kedelai pilihan yang melewati proses fermentasi untuk menciptakan tahu berkualitas yang enak. Untuk penampilan luar, memang mirip dengan tahu Sumedang.

Namun, Tahu Kuningan memiliki isi yang lebih padat dan tidak mengecewakan. Untuk satu kotaknya tahu kuningan dibandrol dengan harga Rp 15.000.

15. Sate Kentang

Makanan khas Cirebon ini berbahan dasar kentang yang dijadikan sate kemudian dipotong melingkar dan digoreng. Tak seperti sate pada umumnya yang dipanggang, Sate Kentang justru digoreng. Sebelum digoreng, Sate Kentang dibumbui dengan tepung yang membuat kentang menjadi renyah saat dimakan. 

Kuliner yang satu ini tergolong baru di Cirebon, namun sudah populer di kalangan masyarakat Cirebon terutama remaja dan anak-anak. Harga sate kentang terbilang sangat murah yaitu hanya Rp 1.000 per tusuk.

16. Gepu

Gepu adalah makanan khas yang bahan utamanya singkong. Bentuknya seperti bakwan dengan tambahan isian oncom. Menikmati sore dengan secangkir teh, gepu adalah sajian yang cocok untuk dihidangkan. 

17. Growolan

Growolan adalah cemilan tradisional yang terbuat dari gaplek (olahan singkong yang sudah dihaluskan lalu dijemur hingga kering) yang dicampur dengan kelapa yang sudah diparut. Kata Growolan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya gumpalan atau kumpulan. 

18. Tape Ketan Daun Jambu

Pembeda antara tape ketan Cirebon dengan  tape ketan  lainnya adalah tape ketan Cirebon dibungkus dengan daun  jambu. Daun  jambu disini memberikan rasa masam terhadap tape ketannya. Harga satuan tape ketan dibandrol dengan harga Rp 1.500, sedangkan satu duanya Rp 50.000 berisi 35 tape ketan. 

19. Gadungan

Cemilan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan kelapa. Hingga saat ini, masyarakat masih menggemari makanan ini karena memang rasanya yang legendaris. Untuk merasakan Gadungan, bisa mencarinya di area pasar Cirebon dengan harga Rp 10.000 saja. 

20. Ketoprak Cirebon

Perbedaan ketoprak khas Betawi dan Cirebon adalah kuah bumbu kacang. Dibalut dengan bumbu kacang yang gurih dan manis, ketoprak Cirebon siap membuat lidah bergoyang dengan ragam campuran lauknya, mulai dari ketupat atau lontong, tahu goreng, bihun, lontong, mentimun, dan telur dadar. Harga satu porsi ketoprak Cirebon berkisar Rp 10.000- Rp 15.000.

Nah, itulah beragam makanan khas Cirebon yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon, dijamin ketagihan deh. 


 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut