get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Makanan Khas Cirebon Cita Rasa Otentik, Tua Muda Wajib Mencoba! 

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 09:34 WIB
header img
Empal gentong, salah satu makanan khas Cirebon. Foto: Ist

10. Kerupuk Melarat

Dikemas sederhana dengan kantong plastik dan diikat tali rafia, keunikan kerupuk melarat terletak dari pengolahannya yang tidak menggunakan minyak goreng, melainkan pasir dengan cara disangrai.

Perlu diketahui, jika Anda memakan kuliner khas Cirebon ini tidak akan membuat Anda melarat seperti namanya. Cukup membayar Rp 10.000- Rp 30.000 untuk per bungkusnya. 

11. Pedesan Entog

Para pecinta makanan pedas, Pedesan Entog adalah jawabannya. Menggunakan bahan dasar daging entog yang dimasak dengan aneka rempah, seperti cabai, lada, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, daun salam, dan kayu manis.

Selain entog, pedesan ini juga bisa menggunakan daging ayam. Namun, biasanya daging entog lebih disukai karena mudah menyerap bumbu dan tidak mudah hancur. Dengan harga Rp 30.000 kamu sudah bisa mendapatkan seporsi pedesan Entog. 

12. Bubur Sop Ayam

Makanan tradisional ini disajikan dengan menyiram kuah sop ayam ke bubur. Bubur yang digunakan berbeda dengan bubur ayam,bisa dibilang seperti nasi tim. Sop ayam yang disiramkan berisi sayur, ayam suwir, dan kerupuk. Selain itu, terdapat irisan tomat yang menambah citarasa dari Bubur Sop Ayam ini. Harga satu mangkuknya berkisar Rp 20.000- Rp 30.000.

13. Gado-gado Ayam

Jika gado-gado pada umumnya terdapat banyak sayuran yang dijadikan sebagai bahan. Lain halnya untuk kota Cirebon, ada satu hal yang membuat gado-gado ini unik. Di sini, gado-gado orang Cirebon ditambahkan dengan gulai kari ayam dengan rasa gurih yang khas. Tak mahal, hanya perlu membayar Rp 15.000- Rp 20.000 untuk satu porsinya. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut