get app
inews
Aa Read Next : Bocah Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Membusuk, Diduga Sudah 4 Hari

RS di Indramayu Penuh, Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Dalam Mobil Saat Keluarga Keliling Cari RS

Rabu, 16 Juni 2021 | 19:37 WIB
header img
Puskesmas Lohbener, Indramayu ( Foto : Istimewa )

INDRAMAYU, iNews.id - Rumah Sakit di Kabupaten Indramayu penuh, pasien yang terkonfirmasi Covid-19 pun tak bisa masuk ke rumah sakit.

Salah satu di antaranya sampai meninggal dunia di dalam mobil saat pihak keluarga berkeliling mencari rumah sakit yang kosong.

Kejadian tersebut dialami pasien Covid-19 berinisial K (43) warga Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu pada Selasa (15/6/2021) kemarin.

Ia terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala berat, pasien mengalami sesak napas berat dan memerlukan perawatan segera.

Kejadian yang dialami pasien tersebut dibenarkan Kepala Puskesmas Lohbener, Uswatun Hasanah, Rabu (16/6/2021).

Uswatun Hasanah mengatakan, pihak puskesmas sebenarnya sudah berupaya maksimal mencari rumah sakit yang kosong sebagai tempat rujukan pasien sesuai prosedur.

"Kami menunggu konfirmasi dari rumah sakit bilamana ada yang kosong. Tapi ternyata seluruh rumah sakit kemarin itu penuh semua," ujar dia.

Uswatun Hasanah menyampaikan, kondisi penuhnya rumah sakit itu sudah ia coba sampaikan kepada keluarga pasien, serta memberi keluarga edukasi.

Petugas Puskesmas Lohbener juga memberikan penanganan seadanya sembari menunggu informasi lebih lanjut soal ketersediaan tempat tidur.

Hanya saja, karena keluarga merasa tidak tega dengan kondisi pasien yang semakin melemah, mereka pun berupaya dengan membawa pasien berkeliling mencari rumah sakit yang kosong dengan mobil pribadi.

Mereka berkeliling rumah sakit mulai dari RS Mitra Plumbon Indramayu, RS Sentra Medika, RS Bhayangkara, RSUD MIS Krangkeng, dan terakhir ke RSUD Indramayu.

Akan tetapi, usaha keluarga ternyata sia-sia, semua rumah sakit dalam keadaan penuh dan tidak bisa menampung pasien Covid-19 baru.

Pasien yang bersangkutan pun dikabarkan meninggal dunia sebelum mendapat perawatan medis di UGD RSUD Indramayu.

"Karena dari sisi kemanusiaan, mereka kan ada ikatan batin, kami sudah berusaha mencari rumah sakit tapi karena mungkin dari pada menunggu, akhirnya mereka mengupayakan untuk mencari rumah sakit sendiri," ujar dia.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut