Tidak Hanya Inggris, Tenyata Ada 5 Kerajaan Terkaya di Dunia, Berikut Daftarnya

Ratih Ika Wijayanti/Net Cirebon
.
Rabu, 21 September 2022 | 15:25 WIB
5 Negara Terkaya di Dunia ( Foto MNC

3. Qatar-USD335 Miliar

Qatar dipimpin oleh Keluarga Thani yang juga berkuasa dalam investasi properti di seluruh dunia. Beberapa investasi kerajaan ini antara lain Shard London, Olympic Village, Department Store Harrods, dan Empire State Building di New York. Para bangsawan yang dipimpin oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani diperkirakan memiliki kekayaan mencapai USD2 miliar. Adapun kekayaan kolektif mereka diperkirakan mencapai USD335 miliar atau setara dengan Rp5,02 kuadriliun. Di usia 41 tahun, syekh adalah raja termuda dengan anggota kerajaan mencapai 8.000 bangsawan. 

4. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab-USD150 Miliar

Kekayaan Keluarga Kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab diperkirakan mencapai USD150 miliar atau sekitar Rp2,25 kuadriliun. Kekayaan ini berasal dari penjualan minyak yang menjadi sumber utama penghasilan kerajaan ini. Abu Dhabi telah melakukan penjualan minyak sejak tahun 1970-an. 

Mendiang Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang merupakan presiden Uni Emirat Arab sejak 2004 telah terlibat aktif dalam menangani sejumlah besar uang. Ia memiliki tanah di ibu kota Inggris dengan nilai mencapai USD7,1 miliar. Aset tersebut bahkan dapat meraup penghasilan hingga lebih dari USD200 juta per tahunnya dari biaya sewa. Setelah meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed, tampuk kepemimpinan diteruskan oleh Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan sejak 2022 lalu. 

5. Inggris-USD88 Miliar

Kerajaan Inggris berada di posisi kelima Keluarga Kerajaan terkaya di dunia. Kabarnya, Ratu Elizabeth II yang mangkat pada 8 September 2022 lalu memiliki kekayaan bersih mencapai USD480 juta atau sekitar Rp720 triliun. Sementara itu, total kekayaan Kerajaan Inggris ditaksir mencapai USD88 miliar atau sekitar Rp1,32 kuadriliun. 

Sebagian besar kekayaan tersebut berasal dari kepemilikan properti seperti Kastil Balmoral yang ditaksir memiliki nilai mencapai SUD140 juta. Selain itu, ada juga Kediaman Sandringham senilai USD65 juta, daratan laut di seluruh Inggris, peternakan dan perkebunan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa Keluarga Kerajaan terkaya di dunia yang memiliki harta kekayaan mencapai kuadriliun rupiah.

Editor : Miftahudin
Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini