Dalam Kenangan, Putri Elizabeth II Pernah Kunjungi Indonesia, Ini Kota yang Disinggahi

puti aini yasmin
.
Jum'at, 09 September 2022 | 15:57 WIB
Ratu Elizabeth II pernah mendatangi Indonesia menggunakan kapal pesiar. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Ratu Elizabeth II pernah kunjungi Indonesia, selama menjabat menjadi pemimpin kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1974, Kala itu, ia sempat mengunjungi dan berkeliling di Jakarta.

Hal itu ditulis dalam buku ‘Sepanjang Jalan Kenangan’ karya Wardinan Djodjonegoro. 

Tak sendiri, Ratu Elizabeth ke Indonesia ditemani oleh sang suami, Pangeran Philip dan Admiral the Lord Mountbatten, paman Ratu Elizabeth yang pernah menjadi komandan tertinggi pasukan Inggris di Asia Tenggara. 

Wardiman sendiri dipercaya untuk menjadi salah satu protokoler dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menemani Ratu Elizabeth saat berada di Indonesia. Kala itu, Ratu Elizabeth mengunjungi Museum Sejarah Kota Tua di Taman Fatahillah dan ke Pelabuhan Sunda Kelapa. 

Di momen itu, Ratu Elizabeth menaiki kapal pinisi, kapal tradisional Bugis untuk menyaksikan tari-tarian. Tarian yang biasanya dilakukan di tempat statis akhirnya dibuat berkeliling dalam lingkaran. Dikisahkan, tarian itu pun memukau para tamu yang hadir, termasuk Ratu Inggris. 

Sejak saat itu, Pelabuhan Sunda Kelapa pun menjadi salah satu destinasi wisata populer. Pilihan destinasi itu ternyata dipilih oleh protokoler Kerajaan Inggris bahwa wisatawan asing sangat terkesan dengan kapal tradisional.

Tak cuma itu, Ratu Elizabeth ke Indonesia juga mengunjungi Gelanggang Olahraga Bulungan. Untuk sampai di sana, ia berangkat dari lapangan terbang Halim. Masyarakat pun mengelu-elukan kedatangan ratu yang menjadi pemimpin terlama di dunia itu.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini