Logo Network
Network

Tidak Hanya Inggris, Tenyata Ada 5 Kerajaan Terkaya di Dunia, Berikut Daftarnya

Ratih Ika Wijayanti/Net Cirebon
.
Rabu, 21 September 2022 | 15:25 WIB
Tidak Hanya Inggris, Tenyata Ada 5 Kerajaan Terkaya di Dunia, Berikut Daftarnya
5 Negara Terkaya di Dunia ( Foto MNC

KELUARGA Kerajaan Inggris menjadi salah satu keluarga kerajaan yang banyak disorot oleh publik di seluruh dunia. Kerajaan Inggris menjadi kerajaan yang dikenal memiliki kekayaan melimpah ruah. 

Namun rupanya, masih ada beberapa kerajaan di dunia yang tercatat memiliki kekayaan lebih besar dari Kerajaan Inggris yang sebelumnya dipimpin oleh Ratu Elizabeth II tersebut. 

Berikut ini, iNewsCirebon.id menghimpun beberapa Keluarga Kerajaan terkaya di dunia yang memiliki harta capai miliaran hingga triliunan dolar Amerika Serikat. Apa saja? Yuk, simak!

5 Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia

Dilansir dari laman South China Morning Post (Scmp), berikut beberapa Keluarga Kerajaan terkaya di dunia. 

1. Arab Saudi-USD1,4 Triliun

Kerajaan Arab Saudi menjadi kerajaan terkaya di dunia yang memiliki kekayaan kolektif mencapai USD1,4 triliun atau setara dengan Rp21 kuadriliun (Rp14.999 per USD). Keluarga kerajaan yang memiliki lebih dari 15.000 anggota ini memiliki kekayaan melimpah ruah yang dinilai lebih besar dari PDB Spanyol. 

House of Saud sendiri telah memerintah sejak 1744 dan menamai negara tersebut dengan namanya sendiri. Sementara itu, Raja Salman telah memerintah kerajaan ini sejak tahun 2015. Adapun kekayaan pribadi Raja Salman ditaksir mencapai USD18 miliar atau sekitar Rp270 triliun. 

2. Kuwait-USD360 Miliar

Kerajaan Kuwait merupakan Kerajaan yang diperintah oleh Keluarga Sabah sejak tahun 1752. Keluarga yang memiliki anggota mencapai 1.000 anggota ini dikenal dengan investasinya kepada perusahaan-perusahaan ternama di Amerika Serikat.

Saat ini Kuwait dipimpin oleh Sheikh Nawaf Al-Ahmad Al-Sabah yang telah naik takhta sejak tahun 2020 lalu menggantikan saudara tirinya yakni Sheikh Sabah IV Al-Jaber Al-Sabah yang meninggal dunia. Kekayaan Keluarga Kerajaan ini ditaksir mencapai USD360 miliar atau sekitar Rp5,4 kuadriliun. 

3. Qatar-USD335 Miliar

Qatar dipimpin oleh Keluarga Thani yang juga berkuasa dalam investasi properti di seluruh dunia. Beberapa investasi kerajaan ini antara lain Shard London, Olympic Village, Department Store Harrods, dan Empire State Building di New York. Para bangsawan yang dipimpin oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani diperkirakan memiliki kekayaan mencapai USD2 miliar. Adapun kekayaan kolektif mereka diperkirakan mencapai USD335 miliar atau setara dengan Rp5,02 kuadriliun. Di usia 41 tahun, syekh adalah raja termuda dengan anggota kerajaan mencapai 8.000 bangsawan. 

4. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab-USD150 Miliar

Kekayaan Keluarga Kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab diperkirakan mencapai USD150 miliar atau sekitar Rp2,25 kuadriliun. Kekayaan ini berasal dari penjualan minyak yang menjadi sumber utama penghasilan kerajaan ini. Abu Dhabi telah melakukan penjualan minyak sejak tahun 1970-an. 

Mendiang Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang merupakan presiden Uni Emirat Arab sejak 2004 telah terlibat aktif dalam menangani sejumlah besar uang. Ia memiliki tanah di ibu kota Inggris dengan nilai mencapai USD7,1 miliar. Aset tersebut bahkan dapat meraup penghasilan hingga lebih dari USD200 juta per tahunnya dari biaya sewa. Setelah meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed, tampuk kepemimpinan diteruskan oleh Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan sejak 2022 lalu. 

5. Inggris-USD88 Miliar

Kerajaan Inggris berada di posisi kelima Keluarga Kerajaan terkaya di dunia. Kabarnya, Ratu Elizabeth II yang mangkat pada 8 September 2022 lalu memiliki kekayaan bersih mencapai USD480 juta atau sekitar Rp720 triliun. Sementara itu, total kekayaan Kerajaan Inggris ditaksir mencapai USD88 miliar atau sekitar Rp1,32 kuadriliun. 

Sebagian besar kekayaan tersebut berasal dari kepemilikan properti seperti Kastil Balmoral yang ditaksir memiliki nilai mencapai SUD140 juta. Selain itu, ada juga Kediaman Sandringham senilai USD65 juta, daratan laut di seluruh Inggris, peternakan dan perkebunan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa Keluarga Kerajaan terkaya di dunia yang memiliki harta kekayaan mencapai kuadriliun rupiah.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini