get app
inews
Aa
Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

12 Bangunan Bersejarah yang Masih Kokoh Berdiri, Nomor 2 Jadi World Heritage

Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:31 WIB
header img
12 Bangunan Bersejarah yang Masih Kokoh Berdiri, Nomor 2 Jadi World Heritage. Foto : dok. iNews.id

11. Gedung Bank Indonesia di Cirebon

 

Bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri selanjutnya yaitu Gedung Bank Indonesia di Cirebon. Pada masa penjajahan Belanda, gedung yang dibuka sejak 31 Juli 1866 ini difungsikan sebagai Kantor Cabang De Javasche Bank (DJB).

Gedung yang terbilang sangat megah ini dirancang oleh arsitek F.D Cuypers dan Hulswit. Bangunan ini terletak di Jalan Yos Sudarso Nomor 5 kota Cirebon. Gedung ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu hanya memiliki satu menara tidak seperti gedung lainnya yang memiliki dua menara.

12. Klenteng Sam Poo Kong

Bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri selanjutnya yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng yang berada di Semarang ini didirikan sebagai penghormatan bagi Laksamana Cheng Ho. Ia merupakan seorang Islam keturunan Tionghoa yang memulai peradaban Cina di daerah ini.

 

Dari segi arsitektur, Klenteng Sam Poo Kong mengadopsi The Forbidden City yang ada di Cina. Hal ini bisa dilihat dari segi geografis klenteng ini yang berlokasi di dalam Goa Batu. Itu sebabnya masyarakat sekitar mengenal bangunan bersejarah dengan nama Gedung Batu.

 

Klenteng utama berada di bagian tengah yang dikelilingi oleh pelataran yang cukup luas. Di bagian dalam terdapat sebuah altar yang digunakan untuk sembahyang. Selain itu, ada juga beberapa patung Sam Po Tay Djien yang menghiasi beberapa titik di Klenteng ini.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut