get app
inews
Aa Read Next : Keraton Kasepuhan Cirebon Gelar Acara Siraman Panjang

Mengenal Suku Polahi Gorontalo, Tradisi Unik Menikah Dengan Saudara Sedarah

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:46 WIB
header img
Ada tradisi unik di Suku Polahi Gorontalo (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tradisi unik di Indonesia. Salah satunya tradisi Suku Polahi yang tak lazim bagi masyarakat umum, yakni perkawinan dengan sedarah atau saudara kandung.

Polahi salah satu suku terasing di Indonesia, tinggal di pedalaman hutan tepatnya di lereng Gunung Boliyohuto, Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo.

Sejak abad ke-17, orang Polahi mengasingkan diri dari masyarakat umum. Polahi sendiri berasal dari bahasa Gorontalo yakni lahi-lahi yang berarti pelarian.

Pemimpin suku saat itu memilih mengasingkan diri ke hutan lantaran menolak tunduk pada peraturan serta penindasan yang dilakukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Acuan mereka berpindah tempat biasanya saat ada salah satu anggota keluarga yang meninggal. Menurut kepercayaan Suku Polahi, jika ada yang meninggal di satu lokasi, mereka harus segera pindah. Apabila hal tersebut tidak dilakukan, mereka akan mendapat kesialan atau kutukan.

Sebab itu, Suku Polahi menerapkan kehidupan nomaden dan tak membuat bangunan tempat tinggal yang permanen. Tempat tinggal dibuat seadanya dari kayu atau bahan yang tersedia di alam.

Kehidupan Suku Polahi juga diwarnai dengan tradisi yang kontroversial, seperti perkawinan sedarah atau inses. Bagi masyarakat Indonesia, perkawinan sedarah merupakan hal tabu dan dilarang. Namun, nyatanya perkawinan sedarah kerap dilakukan Suku Polahi.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut