get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Stunting Kelurahan Kesenden Cirebon Ambil Langkah Progresif

Jaga Situs Sejarah, Kelurahan Kesenden Bakal Jadikan 8 Situs Sebagai Tujuan Wisata Religi

Jum'at, 17 Juni 2022 | 19:44 WIB
header img
Salah satu situs sejarah di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksaan, Kota Cirebon ( Poto : Riant Subekti)

Terkait situs-situs yang ada di wilayah Kelurahan Kesenden, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) untuk menggali sejarah keberadaan situs-situs di kelurahan setempat.

"Lebih kurang ada sekitar 8 situs yang berpotensi menjadi tempat wisata. Kita edukasi warga di RW-RW untuk menjaga, memelihara dan bersama-sama mengembangkannya dengan didukung dinas terkait," ujarnya.

Situs-situs yang belum terdata, tambah Ruliyanto akan dikomunikasikan dengan Dinas Budaya dan Pariwisata Kemudian, ke depannya bisa dikembangkan untuk menjadi tempat tujuan wisata. 

Diakuinya, ada situs-situs yang kondisinya memprihatinkan. Karena itu, kita butuh dukungan dari pemerintah daerah, provinsi hingga pusat.

"Kami di kelurahan, merangkul RW dan RT untuk bersama mengembangkan situs-situs yang ada. Kita akan lakukan sesuai kemampuan, misalnya memasang papan atau plang nama agar terus teridentifikasi. Sejarawan dan budayawan kita minta informasi dan pendapatnya. Situs-situs yang ada harus digali cerita sejarahnya bagaimana, sehingga menjadi pengetahuan dan edukasi bagi generasi penerusnya," kata Lurah Kesenden.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut