Logo Network
Network

Menguak Misteri Lokasi Desa Penari di Film KKN, Sederet Tanda Ini Jadi Petunjuknya

Intan Afika Nuur Azizah
.
Rabu, 18 Mei 2022 | 22:46 WIB
Menguak Misteri Lokasi Desa Penari di Film KKN, Sederet Tanda Ini Jadi Petunjuknya
Mengenal desa penari di film KKN (Foto: YouTube Wak Ajiiip)

Warga Bekerja sebagai Petani Kopi

Penduduk di sekitar wilayah Alas Gumitir diduga bermata pencaharian sebagai petani kopi, karena hampir setengah dari kawasan ini adalah perkebunan kopi. Ketika ditelusuri lagi lebih detail, terdapat kawasan kecil di tengah hutan sekitar.

Penulis pernah menceritakan, untuk mencapai lokasi Desa Penari akses jalan masih berlumpur alias belum diaspal. Di kawasan kecil di tengah hutan itu terlihat bangunan yang lebih besar dari bangunan rumah lainnya yang diduga itu adalah balai pertemuan.

Terdapat Tapak Tilas

Penulis juga sempat membahas, di desa tersebut terdapat balai pertemuan. Di google maps juga terlihat tapak tilas yang mirip dengan Petilasan Maha Resi Markandeya, di mana di depannya terdapat pekarangan dan di belakang Tapak Tilas tampak bangunan yang berlawanan arah. Di depan area kuburan pun terdapat "Sinden" yang letaknya tidak jauh dari Tapak Tilas.

Alas Gumitir terletak di Gunung Gumitir dengan ketinggian 620 Mdpl. Daerah ini merupakan penghasil kopi robusta sejak zaman VOC. Pada zaman penjajahan dulu, rakyat Banyuwangi dipaksa untuk membabat hutan untuk dijadikan kebun kopi. Akibat penyiksaan itu, tak sedikit warga yang mati karena kelaparan.

Alas Gumitir juga tempat habitat bagi monyet di wilayah Jawa Timur. Di sana, banyak bunga Gumitir yang tumbuh dan kerap dipakai untuk sesajen.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini