get app
inews
Aa Read Next : 10 Harta Karun di Indonesia Tersebar di Berbagai Wilayah Tanah Air, Disini Lokasinya

Kisah Nyimas Utari, Intelijen Cantik Mataram yang Berhasil Penggal Kepala Gubernur Jenderal VOC

Sabtu, 11 Desember 2021 | 09:04 WIB
header img
Nyimas Untari, prajurit intelijen Mataram yang behasil membunuh Gubernur Jenderal VOC.(Foto:Perpusnas)

KISAH  perjuangan prajurit intelijen Mataram, Nyimas Utari, sangat menarik untuk diketahui. Bagaiman tidak. Telik sandi Matam berparas cantik ini, mendapatkan tugas berat, yakni membunuh Gubernur Jenderal VOC yang terkenal bengis dan kejam,  Jans Pieterzoon Coen

Wajah Nyimas Untari dingin, namun memancarkan ketegasan dan kecantikan khas wanita Jawa. Ketegasan itu diterjemahkan Nyimas Utari dalam sikap kesehariannya. Selain itu, dia juga sangat berani namun juga memiliki ketenangan dan kecerdasan. 

Terbukti, dalam menjalankam misi operasi rahasia membunuh Gubernur Jenderal VOC Jans Pieterzoon Coen, Nyimas Utari harus rela menjadi penyanyi di klub tempat berkumpulnya para perwira VOC. 

Gambaran sosok wanita prajurit telik sandi Mataram Nyimas Utari tersebut, terlihat menonjol dalam film "Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta" besutan sutradara Hanung Bramantyo. 

Dari film itu, generasi milenial dapat melihat sosok telik sandi Mataram, yang memiliki wajah rupawan bernama lengkap Nyimas Utari Sandijayaningsih. Kisahnya penuh misteri layaknya James Bond si agen rahasia berkode 007 asal Inggris. 

Dikutip dari perpusnas go.id, kehadiran Nyimas Utari di klub perwira VOC ini, tidak lepas dari peran Asisten JP Coen, Wong Agung Aceh.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut