get app
inews
Aa Read Next : Warga Jateng Diduga Terinfeksi Cacar Monyet, Ini Kata Kemenkes

Waspada Hepatitis Akut pada Anak, Simak Penjelasan Dokter Imam Spesialis Anak

Jum'at, 06 Mei 2022 | 21:42 WIB
header img
dr. Imam Syakhruddin, SpA saat memberi penjelasan terkait kasus hepatitis akut pada anak (Foto : Riant Subekti)

Lalu apa saja gejala pada pasien dengan kasus Hepatitis akut tersebut, berikut penjelasan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Ciayumajakuning, melalui dr. Imam Syakhruddin, Sp.A, diantaranya gejala yang ditemukan pada pasien-pasien tersebut di antaranya mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang hingga penurunan kesadaran.

Sementara itu, gejala klinis pada kasus lain yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice atau penyakit kuning akut, dan gejala gastrointestinal seperti nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah. Sebagian besar kasus juga tidak ditemukan adanya gejala demam. 

“Jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat,” katanya kepada iNewsCirebon.id, Jumat (6/5/2022).

Kemenkes RI juga telah mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan masyarakat terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya pada (27/5/2022).

Meski belum diketahui penyebabnya, dr.Imam mengimbau masyarakat agar melakukan langkah-langkah pencegahan.

“Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujar dokter yang bertugas di Rumah Sakit Pertamina dan Rumah Sakit Khalisa Cirebon tersebut.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut