Logo Network
Network

Cara Hidup Bersih dan Sehat Rekomendasi WHO

Muhammad Sukardi
.
Jum'at, 10 Juni 2022 | 06:40 WIB
Cara Hidup Bersih dan Sehat Rekomendasi WHO
WHO. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id  - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Prof Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa telah terjadi perubahan atau pembaharuan rekomendasi hidup bersih dan sehat, demi memastikan aktivitas masyarakat bebas Covid-19.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WH0), masyarakat paska pandemi dapat menerapkanya. Agar aktivitas masyarakat yang mulai meningkat ini, tetap minim risiko terpapar virus tersebut.

"Perilaku hidup bersih adalah kunci untuk mencegah potensi pandemi berikutnya, yaitu dengan tetap pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau menjauhi kerumunan," kata Prof Wiku di konferensi pers virtual.  

Prof Wiku menjelaskan, pembaharuan rekomendasi WHO diberlakukan per Mei 2022 lalu, dengan prinsip 'Patuhi Bersama, Terlindungi Bersama'.

Pembaharuan rekomendasi perilaku masyarakat dalam beraktivitas ini disesuaikan pada kasus Covid-19 secara global.
Ada enam poin pembaharuan perilaku bersih menurut WHO, yaitu:

1. Inisiatif vaksinasi sesuai jadwal yang ditetapkan, sesuai dengan kaidah yang berlaku.
    
2. Tetap mengusahakan diri agar menjaga jarak jika mampu, bahkan dengan orang yang tampak sehat sekalipun sekaligus menjauhi kerumunan. Menurut Prof Wiku, hal ini demi terbentuknya proteksi terbaik dari peluang yang masih ada selama pandemi Covid-19 dinyatakan belum usai.
    
3. Gunakan masker secara sempurna, yaitu menutupi mulut dan hidung ketika sulit menjaga jarak dan berada di ruang tertutup atau bersirkulasi udara minim.
    
4. Sering membersihkan tangan dengan tisu basah beralkohol, sabun, atau air mengalir.
    
5. Terapkan etika batuk, yaitu menutupi hidung dan mulut menggunakan siku. Ketika batuk dan bersin pakai tisu, tisu yang dipakai segera dibuang dan cuci tangan setelahnya.
    
6. Jika bergejala mirip Covid-19, segera periksakan diri dan inisiatif melakukan isolasi mandiri sampai sembuh.

"Rekomendasi perilaku bersih yang berkelanjutan ini juga diharapkan dilakukan bersamaan dengan sikap kepercayaan diri dari masyarakat dalam menerapkannya, juga didukung dengan edukasi kesehatan yang baik," tuturnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini