get app
inews
Aa Read Next : Warga Jateng Diduga Terinfeksi Cacar Monyet, Ini Kata Kemenkes

Waspada Hepatitis Akut pada Anak, Simak Penjelasan Dokter Imam Spesialis Anak

Jum'at, 06 Mei 2022 | 21:42 WIB
header img
dr. Imam Syakhruddin, SpA saat memberi penjelasan terkait kasus hepatitis akut pada anak (Foto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id - Pandemi Covid-19 belum juga usai, kini sejumlah negara di dunia tengah dihebohkan dengan kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia.

Pada pertengahan April 2022, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya.

WHO sendiri pertama kali menerima laporan pada 5 April 2022 dari Inggris Raya. Ada 10 kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya atau Acute Hepatitis of Unknown Aetiology pada anak-anak usia 11 bulan-5 tahun pada periode Januari hingga Maret 2022 di Skotlandia Tengah. 

Kisaran kasus terjadi pada anak usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun. Tujuh belas anak di antaranya atau 10 persen memerlukan transplantasi hati, dan 1 kasus dilaporkan meninggal. 

Terkait hal ini, Kementerian Kesehatan telah meningkatkan kewaspadaan. Terlebih setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 31 April 2022. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut