get app
inews
Aa Read Next : Politisi Demokrat Herman Khaeron Kantongi 140 Ribu Suara di Dapil 8, Dipastikan Kembali ke Senayan

DPR RI Minta Pemerintah Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Aman Selama Ramadan

Minggu, 17 April 2022 | 16:36 WIB
header img
DPR minta Pemerintah pastikan ketersediaan bahan pangan aman selama ramadan (Foto: Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Anggota DPR RI Fraksi PKS Netty Prasetiyani meminta pemerintah agar memastikan tersedianya kebutuhan bahan pangan selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H mendatang.

Menurut Netty, ketersediaan pangan untuk seluruh rakyat secara adil dan merata adalah tugas konstitusi yang dibebankan pada negara.

"Keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia harus diwujudkan dalam seluruh aspek kehidupan, apalagi dalam hal pangan yang merupakan hajat dasar orang banyak. Ini adalah amanah Pancasia," kata Netty saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Sabtu (16/04/2022) di hadapan para penggerak masyarakat dari berbagai elemen.

"Ketersediaan bahan pangan di pasaran harus terus diawasi oleh pemerintah. Jangan sampai terjadi kasus kekosongan bahan pangan di pasaran yang membuat rakyat kesulitan. Undang-Undang Dasar 1945 menugaskan pada negara agar tidak terjadi monopoli urusan kebutuhan dasar rakyat oleh kelompok tertentu," katanya.

Netty juga meminta pemerintah agar memaksimalkan penggunaan bahan pangan produksi dalam negeri.

"Bahan-bahan pangan yang tersedia dan bisa diproduksi di dalam negeri harus dimaksimalkan penggunaannya. Saatnya produk dalam negeri menjadi tuan di negara sendiri. Jangan sampai bahan pangan yang tersedia di dalam negeri itu justru 'kalah' oleh bahan impor," katanya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut