get app
inews
Aa Read Next : Ucapan Selamat Idul Fitri 1445 H, Pemdes Kalisapu, Kabupaten Cirebon

16 Obat Wajib Ada Saat Mudik Lebaran, Perjalanan Lancar Aman dan Kesehatan Terjaga

Rabu, 10 April 2024 | 10:56 WIB
header img
16 Obat Wajib Ada Saat Mudik Lebaran. Foto: Canva/Mery

CIREBON, iNewsCirebon.id - Mudik lebaran tentunya menjadi tradisi yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Oleh karenanya mempersiapkan perjalanan agar lancar dan aman menjadi poin penting, salah satunya mempersiapkan obat-obatan yang diperlukan saat mudik sehingga kesehatan pun turut terjaga.

Beberapa gangguan kesehatan kerap muncul saat melakukan perjalanan mudik seperti demam, diare, mual, muntah, pusing, batuk, pilek hingga kelelahan. Oleh karenanya, beberapa jenis obat dan peralatan wajib ada dalam kotak obat saat melakukan perjalanan mudik.

16 Obat yang Wajib Ada Dalam Kotak Obat Saat Perjalanan Mudik Lebaran

1. Obat Diare

Diare merupakan keadaan dimana buang air besar encer atau berair yang terjadi lebih dari 3 kali dalam sehari.

Keadaan yang membuat tidak nyaman ini umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. 

Hal ini bisa juga terjadi adanya ketidakcocokan perut  terhadap makanan yang disantap saat mudik.

Maka obat anti diare seperti attapulgite perlu ada di dalam kotak obat saat melakukan perjalanan mudik. Obat tersebut tentunya aman digunakan untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Selain itu, perlu juga menjaga asupan cairan saat terkena diare agar mencegah terjadinya dehidrasi. Cairan yang diberikan tentunya disesuaikan dengan usia, seperti ASI, oralit, jus, dan air putih.

2. Obat Penurun Panas

Demam merupakan kondisi tubuh yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 37°C.

Demam dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Kondisi ini merupakan pertanda terjadinya reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. 

Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih. Namun hal ini bisa juga terjadi akibat paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan, siklus menstruasi, reaksi setelah imunisasi pada anak, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Mengingat pentingnya menjaga tubuh tetap fit saat mudik, maka perlu selalu disediakan obat penurun panas atau demam dalam kotak obat selama perjalanan mudik.

Obat penurun panas yang paling efektif dan aman untuk dibawa adalah parasetamol kapsul untuk orang dewasa dan parasetamol cair untuk anak-anak.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut