get app
inews
Aa Read Next : Siswi SD di Cirebon Tewas Tertemper KA Saat Berangkat Sekolah

Masa Angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 3 Cirebon Siagakan 305 Personel Keamanan

Jum'at, 05 April 2024 | 15:18 WIB
header img
KAI Daop 3 Cirebon menggelar apel gelar pasukan untuk amankan masa angkutan lebaran 2024 di Stasiun Cirebon. Foto : Riant Subekti/iNews Cirebon

Untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes. Serta koordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat.

 

PT KAI Daop 3 Cirebon meminimalisir potensi bahaya akibat bencana yang mungkin dapat mengganggu perjalanan KA diantaranya dengan melakukan normalisasi saluran air dari tumpukan sampah, perkuatan penahan tanah pada lokasi rawan amblas dengan retaining wall maupun bronjong serta penempatan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di 17 titik yaitu di Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan, dan Songgom. 

 

Daop 3 juga menyiapkan petugas penilik jalan (PPJ) 83 orang, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra 13 orang, dan petugas posko daerah rawan ekstra 12 orang yang akan bertugas pada 10 titik lokasi. Petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.

 

Vice President Daerah Operasi 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana menyampaikan selama Masa Angkutan Lebaran 2024 menyiapkan Armada Sarana yang handal baik lokomotif dan Kereta, Untuk Lokomotif Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 Lokomotif seri CC 201 dan 206 sedangkan untuk kereta menyiapkan 60 Armada kereta untuk 2 Trainset KA Argo Cheribon relasi Cirebon - Gambir, 2 Trainset untuk KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember dan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon tambahan relasi Cirebon-Gambir. 

 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon menyediakan 91.520 tempat duduk selama masa Angkutan Lebaran 2024 keberangkatan dari Stasiun wilayah Daop 3 Cirebon dengan tujuan Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jember. Untuk Tujuan Jakarta dengan kereta api Argo Cheribon terdapat 37.180 tempat duduk, tujuan Jawa Timur dan Jember dengan KA Ranggajati terdapat 10.780 tempat duduk, sedangkan tujuan Jawa Tengah dengan KA Kaligung sebanyak 43.560 tempat duduk.  

 

Pantauan sementara, prediksi puncak Kedatangan Penumpang (Arus Mudik) Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 3 Cirebon akan terjadi pada H-4 (6 April 2024). Sementara prediksi Puncak Keberangkatan Penumpang (Arus Balik) Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 3 Cirebon pada H+3 (14 April 2024). Selama masa Angkutan Lebaran di wilayah Daop 3 Cirebon, akan ada perjalanan 189 KA, dengan rincian KA reguler sebanyak 117 KA, KA tambahan Lebaran sebanyak 30 KA, dan KA barang sebanyak 42 KA. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, dan saat ini tiket KA masa Libur Lebaran 2024 masih cukup banyak tersedia. Pada masa Lebaran ini, KAI menjual tiket mulai H-45 Keberangkatan. 

 

"Semoga dengan persiapan yang matang dari seluruh aspek, Angkutan Lebaran 2024 dengan kereta api dapat berjalan aman, sehat, selamat, lancar, terkendali, dilindungi dan diridhoi Allah SWT, serta seluruh pengguna jasa KA dapat menikmati momen mudik ceria penuh makna," tutup Dicky.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut