get app
inews
Aa Read Next : Pendeta di Mozambik Meninggal Usai Puasa 40 Hari Meniru Yesus, Ini Sebabnya

10 Fakta Unik Desa Umoja di Kenya, Desa tanpa Pria dan Rumah bagi para Perempuan Hebat

Senin, 30 Oktober 2023 | 11:14 WIB
header img
Desa Umoja di Kenya tanpa kaum pria viral di TikTok. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Desa tanpa kaum pria merupakan salah satu fakta unik Desa Umoja di Kenya. Desa Umoja menjadi viral di TikTok karena di desa ini tidak ada penduduk pria, hanya dihuni oleh wanita.

Desa Umoja menjadi destinasi wisata yang terkenal di Kenya karena keunikan dan ciri khasnya. Lalu apa saja fakta unik lainnya dari Desa Umoja? Yuk simak informasi berikut ini. 

Fakta Unik Desa Umoja di Kenya

1.Tidak Ada Penduduk Pria
 
Desa Umoja terletak di Distrik Samburu, Kenya Utara, dekat dengan kota Archers Post. Desa ini memiliki keunikannya tersendiri. Di desa ini hidup lebih dari 50 wanita dan 200 anak-anak, tanpa ada pria. 

Tujuan didirikannya Desa Umoja adalah sebagai rumah bagi perempuan korban kekerasan seksual dan pemerkosaan. Serta menjadi tempat tinggal untuk wanita yang melarikan diri dari kawin paksa.

2.Asal Usul Didirikannya Desa Umoja

Desa Umoja didirikan oleh Rebecca Lolosoli, perempuan dari Suku Samburu, 30 tahun lalu. Rebecca mengalami trauma setelah mengalami pendarahan usai disunat, sebagai tradisi di suku tersebut.

Rebecca juga tergugah dengan nasib perempuan di sukunya, karena hanya dianggap sebagai properti pria. Saat itu, dia berjumpa dengan Jane Noomungen Lengope, yang tinggal di dekat pangkalan latihan tentara Inggris.

Jane dilecehkan oleh salah satu tentara Inggris. Bukannya mendapatkan pembelaan dari keluarga, dia justru diusir dan harus bekerja untuk bertahan hidup.

Kemudian, mereka berjumpa dengan 13 perempuan korban pemerkosaan tentara Inggris lainnya dan sepakat untuk membangun desa Umoja Uaso dengan bantuan Kementerian Kebudayaan, Warisan, dan Pelayanan Sosial Kenya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut