get app
inews
Aa Read Next : 3 Crazy Rich asal Majalengka Masuk Nominasi 50 Orang Terkaya di Indonesia

Fakta Menarik Majalengka, dari Bandara Terbesar Kedua di Tanah Air hingga Penghasil Kecap Tertua

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 13:15 WIB
header img
Bandara Kertajati, bandara terbesar kedua di Indonesia. Foto: Dok MPI

CIREBON, iNewsCirebon.id - Fakta menarik Majalengka subuah kabupaten di Tatar Pasundan yang memiliki banyak keindahan didalamnya. Pada bagian utara Kabupaten Majalengka merupakan daerah dataran rendah, sedangkan pada bagian selatan berupa barisan pegunungan.

Kabupaten Majalengka berlokasi di wilayah Tatar Pasundan, banyak yang belum menghetahui sebuah Kabupaten Majalengka. Namun, walaupun belum banyak yang belum menghetahui, majalengka memiliki sejumlah fakta menarik.

Fakta Menarik Majalengka

Dijuluki Kota Angin

Sejak 1980-an Majalengka sudah melekat dengan Julukannya yaitu Kota Angin. Di Majalengka setiap hari akan selalu ada hembusan angin di kabupaten ini yang selalu kencang. Masyarakat disini biasanya menyebut angin di Majalengka dengan sebutan angin ngagelebug yang artinya hembusan angin kencang.

Kecepatan angin di Majalengka akan semakin kencang saat mulai memasuki musim hujan. Namun, pada bulan Agustus, angin dapat berhembus lebih kencang lagi.

Dari penjelasan Secara sains, angin kencang di Majalengka disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di wilayah utara dan selatan, dengan ditambah faktor pendukung dari Gunung Ciremai.

Terdapat Kampung 6 Rumah

Kampung Balemalang adalah salah satu kampung yang memiliki sejarah unik di Kabupaten Majalengka. Jumlah rumah di Balemalang tidak pernah bertambah. Hingga saat ini, kampung Balemalang hanya memiliki tujuh bangunan, yakni enam rumah dan satu mushola di sana.

Lokasi dari kampung cukup sulit untuk dijangkau karena kondisi jalan yang kecil dan curam. Saat ini, Kampung Balemalang ditempati lima kepala keluarga yang berprofesi sebagai petani dan pengrajin anyaman rotan maupun bambu.

Masyarakat Majalengka biasa menyebut kampung ini sebagai kampung tanggung karena terbentuk dengan alami sehingga tidak bisa ditambah bangunan rumahnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut