get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Oleh-Oleh Khas Cirebon, Makanan hingga Souvenir Masih Eksis hingga Kini

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 15:18 WIB
header img
Sirup Tjampolay, salah satu oleh-oleh khas Cirebon. Foto: Ist

15. Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu khas Cirebon berbeda dengan  keripik tempe dari daerah lain. Keripik tempe Sagu memiliki warna putih kekuningan dan berbentuk bulat. Proses pembuatannya tidak diberi tepung sebelum digoreng, tapi dilapisi dengan sagu agar lebih renyah. 

16. Petis Udang

Olahan udang lainnya yang wajib dibeli adalah Petis Udang. Berbeda dengan petis udang di Surabaya, warna petis udang Cirebon lebih cerah. Warna cerah ini berasal dari udang rebon yang jadi bahan utamanya. Rasanya pun lebih kaya, perpaduan rasa pedas, gurih, serta manis langsung terasa di mulut.

17. Kerupuk Melarat

Dikemas sederhana dengan kantong plastik dan diikat tali rafia, keunikan kerupuk melarat terletak dari pengolahannya yang tidak menggunakan minyak goreng, melainkan pasir dengan cara disangrai. Terbuat dari tepung tapioka, rasa gurihnya dijamin membuat ketagihan apalagi jika ditambah sambal. 

18. Topeng Cirebon

Topeng tidak hanya dijadikan sebagai perlengkapan kesenian, tetapi juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cirebon untuk dekorasi di rumah. Bahan yang digunakan dalam pembuatannya adalah jenis kayu lunak seperti kayu jaran, kayu waru, dan kayu mangga. 

19. Produk Rotan

Cirebon merupakan gudangnya penghasil produk rotan dalam berbagai aneka furniture seperti kursi, meja, keranjang, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada sebuah kampung wisata rotan di Cirebon yang banyak dihuni oleh para perajin rotan lokal. 

20. Kerajinan Kaca Dekorasi

Lukisan kaca adalah karya seni khas Cirebon yang jarang ditemukan di tempat lain. Lukisan yang kaya akan gradasi warna membuatnya banyak diminati semua kalangan, sebagai cinderamata yang bisa dijadikan dekorasi rumah. Ciri khas lukisan kaca ini berupa kaligrafi, batik Cirebon, dan wayang. 

Itulah deretan oleh-oleh khas Cirebon yang bisa kamu cari sebelum meninggalkan kota udang ini. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut